Anies: Prioritas Pertama Pedestrian untuk Pejalan Kaki

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan, urutan pertama penggunaan pedestrian adalah untuk pejalan kaki.

“Saya berkali-kali sampaikan kalau dibuat ranking, pemerintah ingin menyusun urutannya ranking nomor satu adalah jalan untuk kaki,” kata Anies, Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Setelah akses bagi pejalan kaki, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu ingin menambah ruas jalan serta meningkatkan kualitas jalur sepeda. Menurutnya, kenikmatan bersepeda baru bisa dirasakan jika mengkhususkan jalur tersebut.

Anies menyadari urutan seperti angannya sulit tercapai di Jakarta, dengan tata ruang yang padat. Ia pun tidak menafikan mencapai jalur ideal bagi pesepeda tidak instan.

Sejauh ini fasilitas istimewa yang diberikan Pemprov masih sebatas penambahan jumlah armada dan trayek Transjakarta.

“Di Jakarta karpet merahnya baru Transjakarta. Tapi kita berharap nanti mudah-mudahan bisa lebih luas lagi dan teman-teman sekalian di komunitas sepeda kita perlu secara serius mengkampanyekan tentang kenyamanan bersepeda,” tutur Anies.

Anies Baswedan optimistis jika bersinergi dengan beberapa komunitas pesepeda minat masyarakat bermigrasi alat transportasi bahan bakar minyak menjadi alat transportasi ramah lingkungan bisa terealisasi.

“Insyaallah nanti mudah-mudahan jalur sepeda wisata di semua tempat di Jakarta,” tukasnya.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Megapolitan kompas

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *