Menhan Vietnam Dorong Penguatan Integritas Internal ASEAN

Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) perlu lebih meningkatkan upaya memperkuat integritas internal sekaligus fleksibel terhadap tantangan eksternal.

Demikian disampaikan Menteri Pertahanan Vietnam Jenderal Ngo Xuan Lich dalam acara pertemuan Menhan negara anggota ASEAN di Bangkok, Thailand, Minggu 17 November 2019.

Sebagai Ketua ASEAN 2020, Vietnam mengaku ingin mendorong konektivitas internal, meningkatkan efisiensi mekanisme kerja sama pertahanan dan hubungan dengan negara-negara mitra.

Jenderal Ngo memaparkan beberapa tantangan regional yang dihadapi ASEAN saat ini, termasuk kompetisi antar negara di kawasan. Ia juga menekankan pentingnya untuk tetap patuh terhadap hukum internasional demi menjaga stabilitas dan perdamaian kawasan.

“Mengabaikan hukum internasional akan merusak rasa saling percaya antar negara, dan juga dapat berujung pada meningkatnya ketegangan,” ujar Jenderal Ngo, dikutip dari Vietnam Plus.

Mengenai kompetisi di kawasan, Jenderal Ngo menekankan bahwa mematuhi hukum internasional harus dijadikan prioritas, terutama untuk negara-negara besar. Hal itu harus dilakukan agar negara kecil dan menengah tidak terkena dampak buruknya.

Dalam pertemuan di Bangkok, menhan-menhan ASEAN bertukar pandangan mengenai keamanan regional dan global. Mereka mengatakan ASEAN harus dapat meningkatkan solidaritas, dan menjaga peran sentral dalam mekanisme kerja sama regional demi menghadapi berbagai tantangan, seperti terorisme dan keamanan siber.

Para menhan juga mendiskusikan isu keamanan maritim, termasuk soal isu Laut Timur. Secara garis besar, mereka semua menggarisbawahi pentingnya menjaga perdamaian dan stabilitas perairan, yang berkontribusi terhadap keamanan regional dan juga global.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

[social_warfare
buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *