Rentetan Gempa Bumi Guncang Californias

Gempa bumi berkekuatan magnitudo 4,5 mengguncang bagian timur San Francisco Bay Area, California, Amerika Serikat, pada Senin 14 Oktober malam waktu setempat. Menurut data Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS), gempa yang lebih kecil dengan magnitudo 2,5 terjadi 10 menit sebelumnya.

Beberapa jam setelahnya pada Selasa dini hari, guncangan magnitudo 4,7 mengguncang San Benito County di California pusat dekat kota Hollister. USGS menyebut gempa tersebut tidak terkait dengan guncangan di Bay Area.

USGS mengimbau warga California untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya gempa susulan hingga pekan mendatang. Menurut USGS, ada 2 persen kemungkinan salah satu gempa susulan akan berkekuatan lebih besar dari guncangan pertama pada Senin malam.

Badan Cuaca Nasional AS atau NWS melaporkan, rentetan gempa di California sejak Senin malam tidak menimbulkan ancaman gelombang tsunami.

Hingga Selasa pagi, dikutip dari Wall Street Journal, tidak ada laporan mengenai kerusakan signifikan akibat gempa. Warga California hanya mengunggah sejumlah foto di media sosial yang memperlihatkan benda-benda berjatuhan dari lemari atau rak.

Guncangan di California pada Senin lalu terjadi hanya tiga hari menjelang peringatan 30 tahun gempa Loma Prieta yang berkekuatan magnitudo 6,9.

Dengan episenter berlokasi hampir 100 kilometer dari San Francisco, gempa tersebut menewaskan lebih dari 60 orang dan merusak banyak bangunan dengan nilai kerugian mencapai USD6 miliar atau setara Rp85 triliun.

California sering diguncang gempa bumi dari tahun ke tahun. Lewat sampel data yang telah dikumpulkan selama tiga tahun, California dan Nevada diguncang rata-rata 25 gempa dengan kekuatan magnitudo 4,0 hingga 5,0 per tahun.

Tingginya frekuensi gempa juga dipengaruhi faktor lokasi California yang berada di Cincin Api, sebuah area berbentuk tapal kuda di Samudra Pasifik. Sebagian besar gempa bumi dan erupsi vulkanik yang terjadi di dunia berlokasi di Cincin Api atau Ring of Fire.

 

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Indonesiainside.id

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *