Chung Ha, ‘Jagoan’ Tari I.O.I yang Jadi Idol K-pop

Chung Ha yang memiliki nama asli Kim Chan-mi, merupakan seorang solois wanita asal Korea Selatan. Wanita yang lahir pada tanggal 9 Februari 1996 ini menjadi salah satu solois K-Pop paling terkenal saat ini setelah mendulang kesuksesan dalam lagu Gotta Go.

Semua bermula dari keikutsertaan di program survival Produce 101 musim pertama. Keluwesan menari membuat Chung Ha terlihat menonjol, hingga ia berhasil menduduki posisi ke-4 dan debut bersama I.O.I. Namun tak banyak yang tahu, wanita yang sempat tinggal di Dallas, AS itu pernah sempat berada di persimpangan ketika kondisi finansial keluarga tak mendukungnya untuk melanjutkan menari.

Tak dapat dipungkiri, I.O.I adalah batu loncatan Chung Ha. Saat itu, yang berhasil menduduki peringkat kedua dalam Gaon Digital Chart dan Gaon Album Chart.

Chung Ha juga sempat berpartisipasi di acara survival Hit The Stage di mana main dancer dari berbagai grup K-Pop berlomba menampilkan tarian berdasarkan tema, meski ia tidak menang. Sejak remaja, tari telah menjadi bagian hidup Chung Ha, sampai mendapat julukan Dance President di Produce 101. Kemampuan istimewa ini juga disadari oleh solois AS Jessie J ketika ia membuat koreografi untuk lagu Bang Bang.

I.O.I bubar pada 2017, maka Chung Ha pun memutuskan melanjutkan karier. Pada 7 Januari 2017 ia resmi debut sebagai solois dengan lagu Why Don’t You Know dan berhasil mendapatkan perhatian dari masyarakat. Setelah itu, Chung Ha mendukung lagu Samuel Kim yang berjudul With U serta lagu Babylon yang berjudul La La La.

Tahun 2018 menjadi tahun sibuk bagi Chung Ha yang sebelum jadi idol pernah bekerja paruh waktu di toko hewan, restoran cepat saji, dan kafe. Pada awal tahun ia kembali dengan album Offset yang berisi lima lagu termasuk Roller Coaster.

Lagu tersebut mengukuhkan posisi Chung Ha sebagai salah satu solois ternama di Korea Selatan. Kemudian pada 26 Juni ia melepas album mini ketiga yang berjudul Blooming Blue dengan single Love U.

Chung Ha makin yakin melangkah sebagai idol dengan berkolaborasi bersama idol lain seperti Seulgi Red Velvet, Soyeon (G)I-Idle, dan SinB GFriend untuk Wow Thing (2018), sebuah proyek dari SM Station. Melanjutkan proyek label, Chung Ha hadir di lagu Whatcha Doin’ dengan Yesung Super Junior.

Pada awal tahun 2019 Chung Ha merilis lagu Gotta Go yang mengantarnya mendapat tropi acara MBC Music Show Champion. Lagu itu tak hanya disukai penggemar, namun juga kerap ditarikan oleh idol lain. Pada bulan Juni lalu, ia melepas Snapping, yang kembali memberinya tropi MBC.

Chung Ha tercatat kerap menyanyikan lagu tema sejumlah drama Korea, salah satu yang paling populer adalah At the End dari drama Korea sukses Hotel del

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *