Trump Tunjuk Robert O’Brien jadi Penasihat Keamanan Nasional yang Baru

Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menunjuk negosiator sandera Robert O’Brien sebagai Penasihat Keamanan Nasional Gedung Putih yang baru.

O’Brien yang saat ini menjadi utusan khusus kepresidenan untuk masalah sandera di Departemen Luar Negeri (Deplu) memiliki sejarah panjang dalam lingkaran kebijakan luar negeri Partai Republik.

Dia akan menjadi Penasihat Keamanan Nasional keempat AS selama pemerintahan Trump. O’Brien menggantikan John Bolton yang mundur pekan lalu. Trump menyatakan dia dan Bolton memiliki perselisihan kuat tentang berbagai isu.

“Saya telah bekerja lama dan keras dengan Robert. Dia akan melakukan pekerjaan hebat!” twit Trump saat mengumumkan pengganti Bolton.

Pengumuman Trump itu muncul saat AS mempertimbangkan respons atas serangan di fasilitas minyak Arab Saudi. Penunjukkan itu juga dilakukan kurang dari sepekan setelah Trump tiba-tiba menghentikan perundingan dengan Taliban yang bertujuan memulai proses mengakhiri perang 18 tahun di Afghanistan.

Saat ini AS menghadapi berbagai isu penting seperti serangan di fasilitas minyak Saudi, ketegangan dengan Iran, krisis nuklir Korea Utara (Korut), isu Taiwan, keamanan maritim di Laut China Selatan, dan meluasnya pengaruh China di Indo-Pasifik.

 

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : JNS.org

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *