The Fed Tahan Bunga Acuan & Makin Dovish!

Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve memutuskan menahan suku bunga acuannya Federal Funds Rate tetap di kisaran target 2,25%-2,5% pada Rabu (19/6/2019).

Namun, ternyata tidak seluruh anggota komite penentuan suku bunga (FOMC) sepakat dengan keputusan itu. Presiden The Fed St. Louis James Bullard menyatakan bunga acuannya seharusnya turun bulan ini.

Proyeksi suku bunga bank sentral yang dirilis bersamaan dengan pernyataannya pada Rabu menunjukkan bahwa delapan anggota The Fed memperkirakan adanya satu kali pemotongan suku bunga tahun ini, dilansir dari CNBC International.

Meski begitu, median perkiraannya masih menggambarkan tidak ada penurunan suku bunga tahun ini, namun tambahan pelonggaran di 2020.

Gubernur The Fed Jerome Powell juga membuka peluang pelonggaran kebijakan sebagaimana ia sampaikan dalam konferensi pers usai rilis pernyataan bank sentral.

“Banyak partisipan sekarang melihat bahwa alasan untuk mengambil kebijakan yang lebih akomodatif telah menguat,” ujarnya.

Kini beberapa pejabat The Fed telah memangkas perkiraan suku bunganya untuk tahun ini hingga sekitar 0,5 poin persentase. Bank sentral juga menghapuskan kata “sabar” dalam pernyataannya dan mengatakan akan “mengambil tindakan yang sesuai” untuk mendukung perekonomian.

Meskipun pertumbuhan ekonomi diperkirakan terus berlanjut, Powell mengatakan kecemasan para pembuat kebijakan menguat dalam beberapa pekan terakhir akibat perkembangan yang mengejutkan dari perseteruan dagang AS-China.

“Tujuh pekan lalu kita mendapat laporan pekerjaan yang sangat baik dan rasa yang datang dari pertemuan terakhir The Fed adalah bahwa ekonomi dan kebijakan kami ada di tempat yang tepat,” ujarnya, dilansir dari Reuters. “Kabar mengenai perdagangan menjadi penggerak penting saat ini.”

“Kami cukup sadar akan risiko-risiko terhadap proyeksi tersebut dan bersiap untuk bergerak dan menggunakan instrumen-instrumen kami bila diperlukan,” ujarnya dalam konferensi pers setelah pengumuman hasil rapat FOMC.

Proyeksi ekonomi baru dari The Fed menunjukkan bahwa hampir separuh dari 17 pembuat kebijakan kini menunjukkan keinginan untuk menurunkan suku bunga dalam enam bulan ke depan. Tujuh orang tercatat memperkirakan bunga acuan dapat turun hingga 0,5 poin persentase.

Para pelaku pasar telah memperkirakan adanya kebijakan moneter yang lebih longgar pada Juli. Mereka juga memperkirakan bank sentral akan memangkas bunga acuan pada September dan Desember, menurut FedWatch.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : Portaljabar.net

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *