Basket Putra Targetkan Medali Perak di Sea Games 2019

Pelatih Timnas bola basket putra Indonesia, Wahyu Widayat Jati tidak ingin muluk-muluk dalam menetapkan target tim asuhannya pada SEA Games 2019 di Manila, Filipina mendatang.

Kepada para awak media, bisa mempertahankan medali perak, adalah target yang cukup realistis bagi Timnas basket putra.

Menurutnya, SEA Games 2019 bakal menjadi tantangan tersendiri bagi Timnas basket Indonesia. Sebab, hingga kini ia belum mengetahui aturan perihal penggunaan pemain naturalisasi. Namun pria yang kerab disapa Caing tersebut optimis target tersebut bisa terpenuhi.

“Targetnya mempertahankan perak. Kalau saya bilang peluangnya masih 50:50. Karena kita juga tak tahu kekuatan lawan,” kata Cacing saat ditemuai para awak media dalam pemusatan latihan nasional (Pelatnas) di GOR Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, belum lama ini.

Wahyu menambahkan bahwa jalan yang bakal dilalui tim asuhannya untuk memenuhi target tersebut, tidak akan mudah. Apalagi setiap tim hanya diperbolehkan maksimal menggunakan satu pemain asing, jika merujuk pada aturan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).

Namun, jika peraturannya merujuk Asian Games 2018, maka sebuah tim bisa membawa lebih dari satu pemain asing dengan syarat-syarat tertentu.

“Nah rules-nya kami tidak tahu. Jika seperti Asian Games kemarin, semua yang punya darah Filipina, punya paspor boleh main. Seperti Thailand misalnya punya tiga pemain asing,” beber Wahyu.

“Sekarang kita punya satu pemain naturalisasi. Tiga pemain asing lawan satu, ya kami tidak tahu (peluangnya). Tapi saya berharap mau berapa pun pemain asing (lawan), kita bisa menang. Makanya balik lagi (peluangnya itu) 50:50, karena tim ini kan lagi regenerasi juga,” jelasnya.

Pelatnas Timnas Basket Indonesia menuju SEA Games 2019 sendiri telah dimulai sejak pekan lalu. Sebanyak 15 pemain profesional ditambah satu pemain muda Derick Michael, telah dipanggil untuk mengikuti seleknas yang rencananya akan terus berlangsung hingga batas akhir entry by name SEA Games 2019. SEA Games 2019 bakal berlangsung di Filipina pada 30 November hingga 11 Desember mendatang.

 

 

 

Sumber : poskotanews.com
Gambar : Poskota News

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *