Gempa 6 SR Guncang China, 11 Orang Tewas

Setidaknya 11 orang tewas dan 122 lainnya luka-luka akibat gempa bumi berkekuatan 6 skala Richter yang mengguncang wilayah barat daya China pada Selasa (18/6).

Pusat Jaringan Gempa Bumi China melaporkan bahwa bencana ini mengguncang Kota Yibin di Provinsi Sichuan pada Senin (17/6) di kedalaman 16 kilometer.

Pemerintah Kota Yibin melaporkan delapan orang tewas di wilayah Changning, sementara tiga lainnya menjadi korban gempa di wilayah Qixian.

Lebih dari 300 personel pemadam kebakaran pun diturunkan ke tempat kejadian. Sekitar 5.000 tenda dan 10.000 pondok lipat serta beberapa persediaan darurat juga telah dikirimkan oleh tim penyelamat.

Melalui akun Twitter, pemerintah Kota Yinbin menginformasikan tim penyelamat berhasil menarik enam mayat dan tujuh korban selamat keluar dari bangunan.

Gempa ini juga meruntuhkan satu hotel, tapi belum ada kepastian ada atau tidak korban kehancuran gedung ini. Sementara itu, retakan juga terlihat di sejumlah jalan raya.

Sejumlah foto dari wilayah Changning memperlihatkan sebuah tiang listrik yang tumbang menimpa atap bangunan. Wilayah ini juga sempat diguncang empat gempa susulan, yang terdahsyat mencapai 5,1 SR.

Gempa bumi memang kerap mengguncang provinsi Sichuan. Pada 2008, sekitar 87 ribu orang tewas dan hilang akibat gempa berkekuatan 7,9 SR yang mengguncang wilayah itu.

Pada Februari lalu, tiga gempa bumi juga mengguncang wilayah Rongxian dan menewaskan dua orang serta melukai 12 lainnya.

Para korban menduga gempa ini terjadi karena teknik fracking dalam penambangan gas di China. Mereka pun berulang kali menggelar aksi protes.

 

 

 

 

 

Sumber : Cnnindonesia.com
Gambar : tirto.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *