Ada Sidang MK, ‘Avengers’ Berkumpul Serukan Perdamaian

Sejumlah tokoh superhero dari Avengers plus Gatotkaca nampak menyambangi Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Selasa (18/6) pukul 10.20 WIB.

Diketahui di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) yang berada di jalan Medan Merdeka Barat tersebut sedang berlangsung lanjutan sidang sengketa Pilpres 2019. Pengamanan pun diberikan maksimal oleh TNI-Polri, termasuk dengan menutup lalu lintas di sekitar Gedung MK.

Kedatangan para Avengers plus Gatotkaca itu sendiri bukan untuk membantu pengamanan yang sudah menjadi tugas TNI-Polri. Mereka ternyata datang dengan membawa poster dan spanduk seruan menjaga kedamaian.

Namun, kehadiran para sosok berkostum superhero fiksi itu mendapat tanggapan miring dari pegiat aksi beda kelompok yang juga melakukan kegiatan terkait sidang MK hari ini.

Salah seorang peserta aksi yang mengatasnamakan Ikatan Keluarga Besar Alumni Universitas Indonesia mengeluarkan nada umpatan menuding para Avengers plus Gatotkaca itu sebagai anak-anak dan dibayar untuk melakukan kegiatannya.

“Eh kalian anak-anak ngapain ikut demo, siapa buyung kalian? Dibayar berapa?,” ujar salah seorang dari peserta aksi dari Alumni UI tersebut.

Namun, para Avengers itu bergeming meski dicela kelompok aksi lain.

Koordinator aksi super hero itu Riko Ma’ukaro kemudian menjelaskan kepada CNNIndonesia.com bahwa mereka berasal dari Komunitas Pencinta Hero Indonesia. Riko–yang juga mengaku sebagai ketua komunitas itu–menyatakan pihaknya menolak akan kerusuhan. Dia tidak ingin situasi Jakarta kembali seperti pada 21-22 Mei 2019 yang sarat akan kericuhan pascapengumuman hasil Pilpres oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Menolak akan kerusuhan, agar Jakarta ini tidak lagi seperti yang kejadian-kejadian yang sudah terlihat kemarin. Kita tunjukkan ke masyarakat bahwa kita cinta akan kedamaian,” kata Riko.

Riko menjelaskan alasan pihaknya mengikuti aksi damai pada saat sidang sengketa PHPU tengah berlangsung. Dia menolak disebut sebagai massa bayaran.

“Hero ini sebagai simbol, dalam film-film pembela kebenaran; pencinta akan kedamaian. Nah, inilah untuk kita tunjukkan ke masyarakat bahwa kita ini hero yang cinta akan kedamaian,” ujarnya.

Sidang lanjutan penanganan perkara sengketa hasil Pilpres 2019 dengan nomor 01/PHPU-PRES/XVII/2019 digelar mulai pukul 09.00 WIB. Sidang kedua penanganan perkara yang dimohonkan Prabowo-Sandi hari ini beragendakan pemeriksaan persidangan yakni mendengar jawaban dari termohon, terkait, dan Bawaslu RI.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Fajar

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *