Gempa Bermagnitudo 6,6 Melanda Pantai El Salvador

Gempa berkekuatan 6,6 melanda wilayah pantai El Salvador, dekat ibu kota San Salvador, Kamis (30/5/2019). Gempa disebut sangat kuat hingga getarannya dapat dirasakan hampir di seluruh wilayah Amerika Tengah.

Meski demikian, belum ada laporan terkait korban maupun kerusakan yang diakibatkan gempa tersebut. Menurut Badan Survei Geologi AS (USGS), gempa melanda wilayah Samudra Pasifik sekitar 40 kilometer di arah selatan San Salvador dengan kedalaman sekitar 65 kilometer.

Sementara dari Kementerian Lingkungan Hidup El Salvador mencatat getaran gempa lebih kuat yakni berkekuatan 6,8.

Kendati gempa terjadi di dekat pesisir pantai, namun Pusat Peringatan Tsunami Pasifik tidak mengeluarkan peringatan menyusul gempa itu.

Sedangkan Kementerian Lingkungan mengeluarkan peringatan tsunami dengan vaiasi ketinggian permukaan laut hingga 30 sentimeter.

Penduduk di pesisir diminta untuk menghindari menuju laut selama empat jam setelah gempa, demikian disampaikan kementerian melalui Twitter. Presiden El Salvador, Nayib Bukele, mengatakan di Twitter, bahwa getaran gempa dirasakan hampir di seluruh wilayah negara.

Kepala perlindungan sipil Jorge Melendez mengatakan tidak ada laporan mengenai korban maupun kerusakan yang diakibatkan gempa.

Tetapi polisi dan petugas pemadam kebakaran bersiaga dengan berkeliling untuk mengevaluasi situasi. Sementara Kementerian Pendidikan memerintahkan pembatalan kelas untuk sekolah-sekolah yang berada di dekat wilayah pesisir.

 

 

 

 

 

Sumber : kompas.co
Gambar : Pojoksatu

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *