Akan Dikawal Polisi ke Jakarta, Massa Buruh Dilarang Blokir Pintu Tol

Polres Metro Bekasi mengawal sekitar 4.000 buruh yang hendak mengikuti aksi Hari Buruh di Jakarta, besok. Sejumlah titik di Bekasi dijaga, salah satunya gerbang tol.

“Dari beberapa kawasan industri kita amankan di 7 kawasan industri, termasuk gate (gerbang) tol. Tidak boleh (blokir tol), itu kan mengganggu ketertiban,” ujar Kapolres Metro Bekasi Kombes Candra Sukma ketika dihubungi, Selasa (30/4/2019).

Penjagaan dilakukan di Gerbang Tol (GT) Cikarang Barat 2 dan 5, GT Cikarang Utama, GT Kawasan MM 2100, GT Cibitung, GT Delta Mas Cikarang Pusat, GT Gandasuka Cibitung, GT Grand Wisata Tambun, GT Cibatu.

“(Titik kumpul massa) ada di MM 2100, ada di PT DC Helmet. Biasanya (massa) lewat Tol Cikampek, pintu gate Cibitung-Cikarang Barat,” ujar Candra.

Setiap gerbang tol akan dijaga 10 personel polisi. Polisi akan berjaga di lokasi mulai Rabu (1/5) pukul 06.00 WIB hingga 18.00 WIB.

Meski demikian, Candra meyakini pelaksanaan May Day tahun ini berjalan tertib dan kondusif. Pemkab Bekasi sendiri bekerja sama dengan perusahan-perusahaan di kawasan industri mengadakan panggung hiburan untuk memeriahkan May Day di Bekasi.

“May Day kita bikin jadi hari-hari yang senang. Kita imbau lah, kita kan sudah ada pendekatan ke kelompok-kelompok buruh. Kita bikin acara fun gembira kan keinginan mereka juga. Udah nggak zamannya lah ya May Day bikin ini itu,” ujar Candra

Penjagaan juga dilakukan Polres Metro Bekasi Kota. Kapolres Metro Bekasi Kota, Kombes Indarto, mengatakan semua objel vital akan dijaga, termasuk gerbang tol.

“Secara umum, semua obyek vital kita jaga,” ujar Indarto lewat pesan singkat.

Ia yakin May Day akan berlangsung aman dan tertib. “Insya Allah kami percaya seperti tahun tahun sebelumnya mayday berjalan dengan baik dan kawan buruh semuanya taat hukum,” imbuhnya.

Dalam rangka Hari Buruh 2019, sekitar 4000 buruh di Bekasi diprediksi bertolak ke Jakarta, besok (1/5). Dari data polisi, para buruh terdiri dari sejumlah serikat, di antaranya FSPMI, FPBI, KEP SPSI, GSPMII, KASBI, FKI dan GSPB. Mereka akan menuju Bundaran HI, Istana Negara dan Mahkamah Konstitusi.

 

 

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : Suara.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *