Kawal Konser Putih Bersatu Jokowi, 4.953 Aparat Diterjunkan

Sebanyak 4.953 personel gabungan diterjunkan untuk menjaga dan mengatur jalannya arus lalu lintas pada saat pelaksanaan kampanye terbuka pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Stadion Utama Gelora Bung Karno pada Sabtu (13/4) mendatang.

Kampanye bertajuk ‘Konser Putih Bersatu’ itu akan dimulai pukul 14.00-17.00 WIB.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Yusuf mengatakan demi menjaga kelancaran arus lalu lintas, petugas akan menurunkan tim untuk mengurai kemacetan yang berpatroli di sepanjang jalan menuju GBK.

“Anggota yang mengatur lalin akan ada dari Ditlantas 2.563 personel, Korlantas 330 personel, Pom TNI 60 personel, Dishub 1.000 personel dan Satpol PP 1.000 personel,” tutur Yusuf saat dikonfirmasi, Kamis (11/4).

Penggagas Konser Putih Bersatu Abdee Negara, sebelumnya melalui keterangan tertulis mengatakan pasangan capres dan cawapres Joko Widodo dan Ma’ruf Amin akan hadir di acara tersebut.

Konser Putih Bersatu, katanya, merupakan kerja sama dan diselenggarakan oleh berbagai elemen masyarakat dari berbagai komunitas dan relawan yang melebur diri dalam gerakan #BarengJokowi. Pagelaran ini akan menampilkan lebih dari 500 artis, musisi, budayawan, dan seniman.

Acara ini, klaim Abdee, akan dihadiri 1.000 perwakilan tokoh masyarakat, serta lebih dari 150 ribu lebih anggota masyarakat yang tergabung dalam 138 komunitas seperti kelompok alumni, olahragawan, pegiat fotografi-videografi, komunitas bela diri, skateboarders, barisan warung Tegal, pemijat refleksi, advokat, pengusaha truk, dan berbagai organisasi kemasyarakatan lainnya.

Rekayasa Lalu Lintas

Polisi rencananya akan menyiapkan rekayasa lalu lintas pada saat pelaksanaan kampanye terbuka itu.

Tak hanya menyiapkan rekayasa lalu lintas, Ditlantas juga menyediakan kantong-kantong parkir di sekitar GBK. Masyarakat yang ingin menghadiri kampanye terbuka bisa memarkirkan kendaraannya di lokasi yang telah disediakan.

Berikut tujuh rute rekayasa lalu lintas yang telah disiapkan:

1. Fly Over Sekat II dan Radiologi.
– Kendaraan dari arah Semanggi diarahkan lurus ke arah Slipi.
– Kendaraan dari arah Slipi diarahkan lurus ke arah Semanggi, tidak ada yang menuju layang landogi ke arah Jalan Gerbang Pemuda.

2. Pintu FX Sudirman atau Jalan Pintu I Senayan.
– Kendaraan dari arah Bundaran Senayan diarahkan lurus ke arah Semanggi.

3. Jalan Hang Lekir 2.
– Arus lalu lintas dari Jalan Pakubuwono VI yang menuju ke arah kampus Mustopo diarahkan ke TL. Pakubuwono.

4. Jalan Hang Lekir 1.
– Arus lalu lintas dari Jalan Mustopo yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokan ke kanan menuju Jalan Hang Tuah Raya.

5. Perempatan Patal Senayan.
– Kendaraan dari arah Jalan Patal Senayan 1 yang menuju ke arah Jalan Asia Afrika dibelokan ke kiri Jalan Tentara Pelajar.

6. Pertigaan Tentara Pelajar.
– Kendaraan dari Jalan Tentara Pelajar yang menuju ke Jalan Patal Senayan diluruskan ke arah Jalan Permata Hijau.

7. Traffic Light Palmerah.
– Kendaraan dari arah Manggala Wanabakti diluruskan ke arah Jalan Tentara Pelajar.

Polisi juga menyiapkan 12 lokasi kantong parkir untuk masyarakat. Di antaranya, Jalan Asia Afrika 1 lajur kiri sampai dengan Gelora Bung Karno, sepanjang Jalan Gerbang Pemuda 1 lajur kiri sampai dengan Ladokgi, sepanjang Jalan Gatot Subroto 1 lajur paling kiri sampai gedung Manggala Wanabakti.

Kemudian, sepanjang Jalan Gatot Subroto 1 lajur paling kiri sampai depan BPK atau Wisma Lumba-Lumba, Jalan Gatot Subroto 1 lajur paling kiri sampai apartemen Royal Park, Jalan Tentara Pelajar 1 lajur paling kiri sampai dengan Jalan Asia Afrika.

Selain itu, parkir 1 lajur sisi kiri dari pintu 10 GBK ke traffic light Lapangan Tembak, traffic light Lapangan Tembak sampai traffic light Asia Afrika, traffic light Asia Afrika sampai Bundaran Senayan, Bundaran Senayan sampai pertigaan FX Sudirman, pertigaan SCBD sampai Bundaran Senayan, dan parkir Lot 17 SCBD.

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : PASJABAR

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *