Diresmikan Jokowi Hari Ini, Bandara Tjilik Riwut Siap Tampung Rute Baru

Terminal baru Bandar Udara (Bandara) Tjilik Riwut Palangkaraya, Kalimantan Tengah, telah resmi beroperasi sejak 23 Maret 2019. Rencananya, terminal baru ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin ini.

Plt Executive General Manager Bandara Tjilik Riwut, Paryono, menjelaskan kehadiran terminal baru tersebut dapat menyerap aspirasi masyarakat, khususnya terhadap keinginan penambahan jumlah rute penerbangan dari dan menuju Kalimantan Tengah.

“Adanya fasilitas terminal baru dan ditunjang dengan luasan apron serta melihat peningkatan demand, maka beberapa rute yang sebelumnya ditutup akan dibuka kembali. Seperti penerbangan dari Solo-Palangkaraya, serta Jakarta-Palangkaraya dengan menggunakan maskapai Batik Air dan Citilink,” ungkapnya, Senin (8/4/2019).

Selain rencana membuka rute yang sebelumnya ditutup, Paryono juga membuka kemungkinan adanya sejumlah maskapai yang ingin membuka rute penerbangan baru dari Bandara Tjilik Riwut. Salah satunya, maskapai Citilink dengan rute Makassar-Palangkaraya Pulang Pergi (PP).

“Saat ini, rute Makassar-Palangkaraya diterbangi maskapai Wings Air dengan pesawat berjenis ATR 72-600,” ujar Paryono.

Untuk diketahui, terminal baru Bandara Tjilik Riwut memiliki luas 29.124 m2 dan dapat menampung hingga 2.200 orang per hari. Sebelumnya, terminal lama hanya memiliki luas 3.865 m2 dengan kapasitas 600 orang per hari.

Landasan pacu (runway) pada terminal baru ini berukuran 2.500 m x 45 m, dengan didukung dua taxiway masing-masing 150 m x 23 m, apron 328 m x 110 m, serta parking stand yang mampu menampung sebanyak empat pesawat berbadan lebar.

Adapun pihak maskapai yang saat ini melayani penumpang di Bandara Tjilik Riwut antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Transnusa dengan total sebanyak 34 pergerakan pesawat.

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : Tribunnews.com

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *