Pengalaman Debat Kedua, CCTV Mobile Dan Face Recognition Disiapkan

Polri akan memasang CCTV mobile untuk debat Pilpres 2019 keempat antara capres Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto. CCTV mobile akan dipasang di venue debat, tempat parkir, hingga jalanan sekitar lokasi debat.

Alasan Polri memasang CCTV mobile karena belajar dari pengalaman debat kedua pada 17 Februari 2019. Saat itu, sempat ada insiden ledakan petasan di parkir timur Senayan.

“Untuk kali ini, kita juga memasang beberapa CCTV mobile, pengalaman kejadian debat kedua kemarin, maka kita memiliki CCTV mobile. Di beberapa mobil patroli kemudian di mobil khusus yang kita pasang CCTV untuk memonitor di lokasi debat, di parkir maupun di jalan,” ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (29/3/2019).

Selain memasang CCTV mobile, Polri juga menyiapkan teknologi pengenal wajah atau face recognition. Nantinya massa akan terekam wajahnya untuk direkam dalam database Polri.

“Kita juga menerapkan teknologi face recognition, ini untuk merekam siapa saja yang hadir. Kita merekam wajah-wajahnya, ini untuk database kita. Kalau nanti terjadi sesuatu, siapa pun yang terekam dalam database kita, kita bisa mengecek kembali latar belakang yang bersangkutan. Ini teknologi yang kita terapkan dalam debat keempat ini,” jelas Dedi.

Untuk personel, ada 5.000 aparat gabungan TNI-Polri yang akan mengamankan debat keempat. Pola pengamanan dibagi menjadi 4 zona.

Debat keempat antara Jokowi dan Prabowo akan dilangsungkan di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3). Debat mengangkat tema pertahanan-keamanan, ideologi, pemerintahan, dan hubungan internasional.

 

 

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *