Indonesia Gagal ke Piala Asia U-23, Indra Sjafri: Tanggung Jawab Ada di Tangan Saya

Timnas U-23 Indonesia gagal tampil di Piala Asia U-23 2020 usai dikalahkan Vietnam 0-1 pada babak kualifikasi Grup K turnamen tersebut, di Stadion National My Dinh, Hanoi, Minggu (24/3/2019) malam. Pelatih Timnas U-23 Indonesia, Indra Sjafri menegaskan tidak ingin menyalahkan pemain sebab hasil tersebut sudah menjadi tanggung jawabnya.

“Semua tanggung jawab ada di tangan saya, jangan menyalahkan Egy, jangan menyalahkan Marinus, jangan menyalahkan individu pemain, itu tidak baik,” kata Indra dilansir dari laman resmi PSSI.

Dalam laga itu, Vietnam unggul 1-0 berkat gol yang dicetak Trieu Viet Hung. Gol semata wayang itu terjadi pada masa injury time babak kedua (90+3’).

Sebelumnya, pada laga perdana penyisihan Grup K, Garuda Muda kalah 0-4 oleh Thailand. Alhasil, keinginan skuat asuhan Indra Sjafri untuk tampil pada putaran final Piala Asia U-23 2020 pupus sudah.

Namun, Indra Sjafri juga menegaskan, pasukannya telah berjuang keras dalam dua laga penyisihan tersebut. “Pemain saya sudah berjuang. Kalau tadi menang, saya yakin Egy tidak dinilai salah, ini kan karena ada kekalahan semuanya. Saya enggak mau menyalahkan individu pemain,” ujarnya.

Menurutnya, kritik hanya pantas diberikan kepadanya bukan ke pemain. “Semua keputusan pemain siapa yang harus diturunkan, siapa diganti itu keputusan pelatih. Karena orang di luar hanya tahu kulit-kulitnya saja, tidak tahu dalamnya,” imbuhnya.

Kegagalan Timnas U-23 Indonesia di kualifikasi Piala Asia U-23 juga sekaligus menggagalkan satu dari tiga target Indra Sjafri yang diminta PSSI. Mantan pelatih Bali United FC ini selain ditarget meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia U-23 2020 juga diberi tugas di Piala AFF U-22 dan SEA Games 2019.

Salah satu target telah berhasil dicapai yakni membawa Timnas Indonesia menjuarai Piala AFF U-22 pada Februari lalu. Dengan begitu, satu target ke depan yang masih harus dicapai adalah merebut emas pada SEA Games 2019. “Saya akan konsisten dengan itu,” tuntas Indra.

 

 

 

 

Sumber : poskotanews.com
Gambar : Suara.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *