Penembakan Brutal di Masjid Selandia Baru, Ditemukan Bahan Peledak

Penembakan brutal terjadi di dua masjid di kota Christchurch, Selandia Baru. Sejumlah orang dilaporkan tewas dalam penembakan tersebut, meski kepolisian setempat belum menyampaikan keterangan mengenai korban jiwa.

Selain terjadi penembakan, sejumlah bahan peledak juga ditemukan.

Komisaris Polisi Selandia Baru, Mike Bush mengatakan kepada para wartawan bahwa sejumlah bahan peledak, improved explosive devices (IED) dipasang ke kendaraan-kendaraan sebagai bagian dari serangan itu.

Bush mengatakan, bahan-bahan peledak tersebut telah diamankan oleh aparat kepolisian. “Ini menunjukkan seriusnya situasi,” tutur Bush seperti dilansir media CNN, Jumat (15/3/2019).

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern, mengatakan ini adalah kejadian “luar biasa, tak pernah terjadi sebelumnya, dan salah satu hari terkelam” negara tersebut.

Salah satu masjid yang menjadi lokasi kejadian adalah Masjid Al Noor, di pusat Kota Christchurch.

“Kepolisian merekomendasikan warga Christchurch menjauhi jalan-jalan dan tetap berada di dalam ruangan sampai pemberitahuan selanjutnya. Sekolah-sekolah di Christchurch akan ditutup sampai pemberitahuan selanjutnya,” ujar Komisaris Polisi Mike Bush.

Harian New Zealand Herald melaporkan pelaku adalah seorang pria Australia yang telah menulis manifesto berisi ideologi ekstrem kanan yang anti-Islam dan anti-imigran.

 

 

 

 

Sumber : detik.com
Gambar : Okezone News

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *