Cegah TKN dan BPN Ribut, KPU Bentuk Komite Awasi Debat Ketiga

Komisi Pemilihan Umum (KPU) membentuk Komite Damai untuk memastikan tak ada keributan antara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin dan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada debat cawapres. Debat ketiga Pilpres 2019 tersebut akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Maret 2019 mendatang.

Keputusan ini menyusul peristiwa yang terjadi saat debat capres kedua pada Minggu 17 Februari 2019 lalu. Saat itu, TKN Jokowi-Ma’ruf sempat bersitegang dengan BPN Prabowo-Sandi.

“Kemarin disepakati kita membentuk Komite Damai. Itu terdiri dari perwakilan 01, perwakilan 02, dari KPU, dan Bawaslu. Komite damai ini dimaksudkan untuk mengatasi jika ada permasalahan sepanjang debat,” kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Senin (11/3).

Komite Damai bertugas menindak jika ada aktivitas timses di arena debat yang memicu gesekan. Bahkan mereka diberi kewenangan untuk menegur hingga mengeluarkan pihak yang melanggar aturan.

Wahyu mengimbau penonton di arena debat untuk menjaga situasi tetap kondusif. Penonton dibolehkan untuk menyanyikan yel-yel selama tujuannya menyemangati paslon masing-masing.

“Jadi tidak boleh ada yel-yel yang bersifat provokatif menyerang kandidat lain,” tuturnya.

Terkait debat ketiga, ada beberapa perubahan. Misalnya jumlah penonton dikurangi dari 600 orang menjadi 450 orang.

Selain itu, KPU tak lagi membuat pertanyaan berbentuk video. Pertanyaan yang diajukan kepada kandidat pun akan disamakan. Satu pertanyaan akan dijawab oleh dua kandidat.

“Pertanyaan sama untuk kedua kandidat, itu dimaksudkan untuk formatnya lebih memudahkan bagi masing-masing kandidat, dan juga tidak menimbulkan tafsir perbedaan pada masing-masing kandidat,” ujarnya.

Sebelumnya, pada debat capres kedua, sempat terjadi cekcok di jeda antarsegmen. Kericihan dipicu pernyataan Jokowi yang menyinggung kepemilikan lahan oleh Prabowo di Aceh Tengah dan Kalimantan Timur.

BPN melakukan protes ke KPU dan Bawaslu. Beberapa anggota TKN dan BPN sempat beradu mulut dalam momen itu. Video kericuhan pun beredar di media sosial.

Debat ketiga Pilpres 2019 akan digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu 17 Maret 2019. Debat kali ini akan mempertemukan cawapres nomor urut 01 Ma’ruf Amin dengan cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno.

Debat ketiga ini mengangkat tema Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sosial, dan Kebudayaan.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Suara Merdeka

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *