Trump dan Kim Jong-un Memulai Perundingan di Hanoi

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, dan Pemimpin Tertinggi Korea Utara, Kim Jong-un, dilaporkan telah tiba di Hotel Metropole, Hanoi, Vietnam. Tempat itu menjadi lokasi pertemuan puncak kedua mereka, Kamis (28/2) pagi.

Rombongan Trump terlihat memasuki hotel sekitar pukul 08.45 waktu lokal. Sementara rombongan Kim Jong-un tiba di lokasi beberapa menit setelah Trump sampai.

Selain wartawan, banyak warga hingga turis yang terlihat menunggu kedatangan Trump dan Kim Jong-un di depan Hotel Metropole.

Trump dan Kim Jong-un dijadwalkan melangsungkan pertemuan puncak hari ini. Dikutip The Guardian, pertemuan dimulai dengan rapat bilateral empat mata antara Kim dan Trump sekitar pukul 09.00 waktu Hanoi.

KTT keduanya lantas dilanjutkan oleh pertemuan bilateral sekitar pukul 09.45, di mana sejumlah pejabat AS dan Korut akan ikut serta dalam rapat tersebut.

Kedua pemimpin selanjutkan akan makan siang bersama di hotel tersebut pada pukul 11.55. Pertemuan dilanjutkan dengan sesi penandatangan perjanjian bersama yang direncanakan berlangsung pada pukul 14.05.

Trump dijadwalkan meninggalkan Hotel Metropole untuk kembali ke penginapannya di Hotel JW Marriot sekitar pukul 14.40. Dia rencananya akan menggelar jumpa pers pada pukul 15.50 waktu lokal.

Sementara itu, perjanjian bersama yang rencananya diteken kedua pempimpin akan dinamakan Deklarasi Hanoi. Namun, hingga kini belum begitu jelas apakah deklarasi tersebut memuat langkah yang jauh lebih konkret terkait denuklirisasi di Semenanjung Korea.

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : BBC

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *