Konflik Diplomatik Memburuk, Perancis Tarik Dubes untuk Italia

Konflik diplomatik antara Perancis dan Italia memburuk dengan Perancis memprotes berbagai tuduhan tak berdasar oleh para pemimpin Italia.

Perancis menarik duta besar (dubes) untuk Italia pada Kamis (7/2) dengan menyatakan situasinya tak pernah terjadi sejak akhir Perang Dunia II. Langkah ini diambil setelah Deputi Perdana Menteri (PM) Italia Luigi Di Maio bertemu demonstran rompi kuning Perancis di dekat Paris pada Selasa (5/2).

Perancis memperingatkan Maio agar tidak intervensi masalah politik negara itu. Hubungan antara dua negara memanas sejak Gerakan Bintang Lima dan Partai Liga Italia membentuk pemerintahan koalisi pada Juni 2018.

Dua pemerintahan itu telah bertikai dalam berbagai isu, termasuk imigrasi.

Konflik terbaru muncul setelah Di Maio yang memimpin Gerakan Bintang Lima bertemu para pemimpin demonstran antipemerintah Perancis. Dia mengunggah foto dirinya di Twitter bersama pemimpin rompi kuning Christophe Chalençon dan sejumlah anggota rompi kuning yang maju dalam pemilu Parlemen Eropa pada Mei mendatang.

“Selama beberapa bulan Perancis menjadi target berbagai tuduhan, serangan tanpa dasar dan klaim berlebihan,” ungkap pernyataan Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Perancis, dilansir BBC.

“Intervensi paling baru menambah provokasi yang tak dapat diterima. Mereka melanggar penghormatan pada pemilih demokratis yang dibuat satu bangsa yang merupakan teman dan aliansi. Untuk tak menghormati itu satu hal, untuk memanfaatkan hubungan demi tujuan pemilu itu lain lagi,” papar Kemlu Perancis.

Deputi PM Italia Matteo Salvini kemudian berupaya meredam ketegangan itu dengan menyatakan dia akan senang berunding dengan Presiden Perancis Emmanuel Macron. Namun dia menyatakan untuk memperbaiki hubungan, Perancis harus mengatasi berbagai isu penting.

Dia mendesak Paris menyerahkan militan sayap kiri yang diinginkan Italia dan berhenti menghentikan para migran. Dia juga mengeluhkan lamanya pemeriksaan perbatasan Perancis yang menyebabkan kemacetan lalu lintas di perbatasan.

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : Republika

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *