The Fed Sebut Tutupnya Pemerintahan AS Bisa Berdampak Buruk

Bank Sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve memperingatkan pemerintah Negeri Paman Sam bahwa penutupan pemerintahan yang terlalu lama bisa berdampak buruk. Gubernur The Fed Jerome Powell dalam pernyataan yang dikeluarkan Kamis (10/1) mengatakan penutupan terlalu lama bisa memberikan risiko pada ekonomi dalam negeri AS.

Peringatan ia berikan karena penutupan pemerintahan AS yang terjadi pada masa Presiden Donald Trump saat ini berbeda. Biasanya penutupan pemerintahan hanya berlangsung sebentar.

Tapi di masa pemerintahan Trump, penutupan pemerintahan berlangsung dalam waktu lama. “Jika penutupan lama, dan terus diperpanjang, saya rasa dampaknya ke ekonomi akan cukup jelas,” katanya seperti dikutip dari AFP, Jumat (11/1).

Pemerintahan AS sejak akhir Desember lalu tutup sebagian. Masalah dipicu oleh penolakan Trump untuk menandatangani perjanjian anggaran karena permintaan dana senilai US$5 miliar untuk pembangunan tembok perbatasan AS dengan Meksiko masih ditolak Kongres.

Powell khawatir masalah tersebut pada nantinya akan mengurangi komponen pertumbuhan ekonomi dalam negeri AS.

Penutupan pemerintahan untuk sementara waktu tersebut saat ini sudah memberikan dampak pada ekonomi AS. Akibat penutupan, 800 ribu pekerja federal, termasuk di dalamnya anggota coast guard dan pengontrol lalu lintas udara belum mendapatkan bayaran selama tiga minggu ini.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : Validnews

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *