Ini Penyebab Gempa Bumi Sukabumi Menurut BMKG

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) menyebut gempa yang terjadi di wilayah Sukabumi diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia.

Hal tersebut diungkapkan, Kepala Stasiun BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia,” katanya melalui pesan singkatnya, Rabu (9/1/2018/9).

Seperti diketahui, Episenter gempa bumi ini terletak pada koordinat 7,83 LS dan 106,44 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 93 km arah selatan Kota Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat pada kedalaman 50 km, Selasa (8/1/2019) sekira pukul 16.54.

Akibat gempa tersebut sejumlah wilayah merasakan getaran seperti di Kota Bandung, Pelabuhan Ratu, Pangandaran dan Lebak.

Hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal, gempa bumi ini berkekuatan Magnitudo 5,4 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi Magnitudo 5,0.

“Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan Sesar Naik (Thrust Fault),” katanya. Sampai saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Meski begitu BMKG menyatakan bahwa gempa tidak berotensi tsunami. “Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” katanya.

 

 

 

 

 

 

Sumber : Kompas.com
Gambar : Tribunnews.com

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *