Meksiko Ingin Terlibat Banyak di Perjanjian Dagang Baru NAFTA

Kementerian Ekonomi Meksiko mengatakan bahwa perjanjian perdagangan bebas untuk wilayah Amerika Utara perlu melibatkan lebih banyak lagi sektor produktif dan perekonomian Meksiko.

Mengingat 1 Januari 2019 ini menandai peringatan 25 tahun Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) 1994, yang baru-baru ini diperbarui dan diganti namanya menjadi Perjanjian Amerika Serikat-Meksiko-Kanada (USMCA), para pejabat Meksiko turut meninjau ulang dampak ekonomi dari perjanjian itu.

“Di saat NAFTA cukup sukses bagi perusahaan dan konsumen, tantangan yang tersisa adalah untuk mencakup sektor yang lebih produktif dan lebih banyak wilayah negara tersebur,” ujar kementerian Ekonomi Meksiko melalui sebuah pernyataan.

Diketahui, dampak utama dari NAFTA di Meksiko akan lebih terkonsentrasi di bagian utara, terutama wilayah perbatasan dimana menjadi lokasi bagi banyak pabrik perakitan.

“Pemerintah Meksiko berkomitmen untuk terus bekerja sehingga lebih banyak produsen, perusahaan ekspor, wilayah dan konsumen mendapatkan kembali manfaat dari kemitraan perdagangan tersebut,” ujar Juru Bicara kementerian Ekonomi Meksiko melalui lansiran Xinhua (4/1/2019).

Sementara itu, prioritas pemerintah Meksiko adalah untuk mendiversifikasi ekspor dan memacu pertumbuhan ekonomi, terutama di negara bagian di Meksiko selatan yang lebih miskin.

 

 

 

 

 

Sumber : akurat.co
Gambar : CNBC Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *