Kemendagri Beri Rp 50 Juta ke Desa Terdampak Tsunami Selat Sunda

Kementerian Dalam Negeri akan mengucurkan anggaran Rp 50 juta untuk setiap desa yang terkena dampak tsunami Selat Sunda. “Kami siapkan dana awal operasional untuk setiap desa Rp 50 juta agar pemerintahan bisa berjalan normal,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo saat ditemui di Kantor Gubernur Banten, Jumat, 28 Desember 2018.

Tjahjo menginstruksikan pemerintah daerah Banten untuk segera mendata kantor desa dan kantor pelayanan publik yang rusak akibat tsunami untuk segera diperbaiki.

Menteri juga meminta agar tata kelola pemerintah segera kembali berjalan normal. Hal ini, kata dia, berkaitan dengan persiapan Pemilu 2019. “Jadi tata kelola pemerintahan harus tetap kembali berjalan,” katanya.

Tjahjo juga meminta pemerintahan daerah Banten mendata dari korban meninggal yang termasuk dalam Daftar Pemilih Tetap. Hingga Jumat pagi jumlah korban meninggal di Banten akibat tsunami Selat Sunda 306 orang.

Selain itu, kata Tjahjo, pemerintahan daerah Banten diharapkan bisa menyiapkan pos anggaran darurat terlebih dahulu dalam upaya evakuasi dan pembagian bantuan kepada masyarakat.

Tjahjo mengatakan, Kementerian Dalam Negeri akan memberikan pendampingan secara rutin sehingga Banten kembali pulih dan kembali berjalan normal setelah tsunami Selat Sunda. “Pusat akan back up dan akibat memberikan pendampingan kepada Banten,” kata dia.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Nasional Kompas

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *