Putin Turut Berduka Cita Terkait Tsunami Selat Sunda

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pernyataan belasungkawa kepada Presiden Joko Widodo, atas bencana tsunami di perairan Selat Sunda, yang menerjang pesisir pantai di Kabupaten Pandeglang, Banten, dan Lampung Selatan pada Sabtu pekan lalu.

Hingga kini, bencana alam tersebut telah menewaskan 429 orang dan melukai 1.400 lainnya.

“Rusia turut berduka atas (bencana yang menimpa) negara sahabat Indonesia,” ucap Putin dalam telegramnya kepada Jokowi, seperti dikutip kantor berita TASS pada Rabu (26/12).

“Saya meminta Anda untuk menyampaikan rasa simpati dan dukungan yang tulus kepada para korban dan keluarga yang terdampak bencana, serta berharap keadaan dan korban luka bisa segera pulih.”

Selain Putin, sejumlah kepala negara lain seperti Presiden Amerika Serikat Donald Trump juga telah menyampaikan ucapan serupa bagi Indonesia.

Trump menyatakan dukungan bagi Indonesia dan turut mendoakan kesembuhan bagi para korban selamat yang terdampak bencana.

“Kehancuran yang tak terbayangkan akibat bencana tsunami di Indonesia,” ucap Trump awal pekan ini.

“Lebih dari 200 orang mati dan hampir seribu orang terluka atau tidak terhitung. Kami berdoa untuk kesembuhan dan penyembuhan. Amerika hadir bersamamu,” tambah presiden AS ke-45 itu.

Selain Putin dan Trump, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in dan perwakilan beberapa negara lainnya seperti Malaysia, Inggris, Australia, China, hingga Israel juga telah mengungkapkan simpati serupa bagi Indonesia.

Perserikatan Bangsa-Bansa (PBB) dan Uni Eropa juga berjanji akan segera menyalurkan bantuan kemanusiaan jika pemerintah Indonesia membutuhkan.

“PBB siap membantu proses evakuasi dan penanggulangan bencana yang tengah dilakukan pemerintah Indonesia,” ucap juru bicara Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres melalui pernyataan.

Tsunami yang menerjang Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu (22/12) kemarin menyorot perhatian dunia.

Sebagian media asing arus utama seperti CNN, The Guardian, Reuters, BBC, hingga Al Jazeera turut menjadikan bencana tersebut sebagai berita utama selama beberapa hari terakhir.

Kejadian tersapunya kelompok musik Seventeen oleh gelombang tsunami ketika pentas di kawasan Pantai Anyer juga tak luput dari perhatian.

Selain memakan banyak korban tewas, bencana tsunami Selat Sunda menyebabkan sedikitnya 16 ribu warga mengungsi karena kehilangan tempat tinggal.

BNPB memperkirakan jumlah korban tewas dan luka, serta kerusakaan materiil akan terus bertambah menyusul belum semua daerah terdampak bencana didata oleh petugas darurat.

 

 

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *