Gubernur Riau dan Bengkulu Resmi Dilantik Jokowi

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim dan Plt Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah resmi dilantik menjadi Gubernur defenitif sisa masa jabatan. Pelantikan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara.

Prosesi pelantikan diawali dengan penyerahan petikan Keputusan Presiden oleh Presiden Jokowi kepada masing-masing Calon Gubernur Sisa Masa Jabatan di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (10/12/2018). Untuk Gubernur Riau akan menjalani sisa masa jabatan tahun 2014-2019, sementara Bengkulu sisa masa jabatan tahun 2016-2021.

Saat penyerahan surat keputusan itu, keduanya mengenakan pakaian khas gubernur berwarna putih. Setelah menerima surat putusan, keduanya kemudian berjalan bersama dengan Presiden Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dari Istana Merdeka ke Istana Negara. Perjalanan ini juga diiring dengan pasukan marching band Paspampres.

Setibanya di Istana Negara, prosesi pelantikan dimulai. Wan Thamrin Hasyim dan Rohidin Mersyah berdiri berdampingan di tengah ruang utama. Jokowi berdiri di hadapan keduanya

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan Keppres RI Nomor 214/P dan 215/P Tahun 2018 tentang pengesahan pengangkatan Gubernur Riau dan Gubernur Bengkulu. Keppres ini ditetapkan pada 23 November 2018.

Selanjutny, Jokowi membimbing kedua calon gubernur untuk mengucapkan sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” ucap Jokowi yang diikuti kata-perkata oleh Wan Thamrin dan Rohidin.

Setelah itu, keduanya menandatangani berita acara pelantikan. Jokowi juga membubuhkan tanda tangannya. Dengan demikian, Wan Thamrin Hasyim resmi menjabat Gubernur Riau dan Rohidin Mersyah menjabat Gubernur Bengkulu.

Usai tanda tangan, proses ditutup dengan menyanyikan kembali lagu kebangsaan Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pemberian ucapan selama dari Jokowi, diikuti Wapres JK dan tamu undangan.

 

 

 

 

Sumber :  detik.com
Gambar : SpiritRiau.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *