Produk Kosmetik Halal Indonesia Curi Minat Pasar Pakistan

Produk kosmetik halal dan natural buatan Indonesia mencuri minat para perempuan di Pakistan. Salah produk kosmetik asal Indonesia yang banyak dipasarkan di Pakistan adalah produk Martha Tilaar.

“Produk-produk Martha Tilaar sangat bagus. Tidak hanya natural, tapi juga berinovasi menyesuaikan dengan kemajuan teknologi. Plus, dirancang untuk kulit Asia, dan itulah kami, wanita Pakistan,” kata Zeba Farid, distributor resmi Martha Tilaar di Pakistan seperti dikutip dari Antara, Jumat(30/11).

Menurut Zeba, produk kosmetik Indonesia memang belum terlalu dikenal di Pakistan, tidak seperti produk kosmetik dari Amerika Serikat atau Inggris, sehingga mebutuhkan waktu untuk meyakinkan konsumen.

“Tetapi setelah mereka tahu dan mencoba (produk kosmetik Indonesia), mereka selalu kembali dan membeli lebih banyak,” ujar dia.

Promosi merupakan upaya yang paling penting dari pemasaran produk kosmetik Indonesia di Pakistan. Untuk itu, Zeba sangat berterimakasih atas bantuan promosi yang dilakukan oleh pihak Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Karachi.

“KJRI sangat membantu kami. KJRI Karachi membantu promosi, mengundang media untuk meliput, bahkan memastikan kehadiran kami di beberapa pameran di Pakistan. KJRI Karachi bahkan mempertemukan kami dengan Martha Tilaar, sehingga kami bisa menandatangani MoU (Memorandum of Understanding) dan menjadi distributor resmi,” ucap Zeba.

Tidak hanya halal, produk Indonesia juga dinilai unik karena kelengkapan jenis produk kosmetik yang disediakan, mulai dari pembersih sampai serum.

Setelah menjadi distributor resmi Martha Tilaar, Zeba mendapatkan bantuan berupa sampel produk baru, pemasaran, bahkan “make up artist” dari Indonesia untuk mendorong penjualan.

Menurut Zeba, penjualannya selama tiga tahun terakhir bertambah dengan stabil sebanyak 30 persen per tahun, dengan omset sebesar 12-17 juta rupiah per bulan. Produk yang paling banyak terjual adalah shampo anti rontok dan produk pemutih wajah.

Untuk mendorong penjualan, Zeba memberikan konsultasi dan perawatan gratis, juga melakukan penjualan online dan promosi melalui YouTube.

Zeba juga melakukan penjualan ke luar negeri dengan pembeli dari Dubai dan Kanada. Ke depan, Zeba berencana untuk membuka lebih banyak toko di kota-kota besar di Pakistan.

 

 

 

 

Sumber: Akurat.com
Gambar: Republika

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *