PBB Desak Rusia-Ukraina Akhiri Konfrontasi

Kepala urusan politik PBB, Rosemary DiCarlo, mendesak Rusia dan Ukraian untuk mengkahiri konfrontasi lebih lanjut di laut. Hal itu diungkapkan DiCarlo dalam pertemuan di Dewan Keamanan PBB.

Dalam pertemuan yang digelar akibat konfrontasi kapal perang kedua negara di lepas pantai Crimea, DiCarlo mendesak Rusia dan Ukraina untuk menahan diri dari setiap tindakan atau retorika.

DiCarlo mengatakan meredakan ketegangan di Laut Azov dan Laut Hitam sangat diperlukan, menggarisbawahi pentingnya upaya sunggug-sungguh untuk menemukan resolusi damai untuk konflik bertahun-tahun antara Rusia dan Ukraina.

“(Kami) mengingatkan keduanya (Rusia dan Ukraina) tentang kebutuhan untuk menahan insiden ini sehingga mencegah eskalasi serius yang mungkin memiliki konsekuensi yang tak terduga,” katanya seperti dikutip dari China.org, Selasa (27/11/2018).

DiCarlo juga mengingatkan seruannya sebelumnya pada semua pihak untuk menghindari langkah sepihak yang dapat memperdalam perpecahan atau berangkat dari semangat dan Perjanjian Minsk, yang menetapkan langkah-langkah yang diperlukan untuk memulihkan perdamaian di wilayah timur Ukraina.

DiCarlo mencatat bahwa PBB sepenuhnya mendukung upaya regional untuk menemukan penyelesaian damai, dan tindakan yang diperbarui serta konstruktif dibutuhkan oleh semua pihak untuk mengatasi kebuntuan dalam negosiasi diplomatik.

Rapat Dewan Keamanan mengikuti suara prosedural yang menolak agenda pertemuan pertama hari itu mengenai masalah ini, yang diminta oleh Rusia, yang menyatakan bahwa perbatasannya di laut telah dilanggar oleh Ukraina.

Dmitry A. Polyanskiy, wakil pertama Rusia untuk PBB, berpendapat bahwa kapal angkatan laut Ukraina telah secara ilegal menyeberang ke wilayah Rusia dan tidak mengakui upaya yang dilakukan oleh kapal-kapal Rusia untuk memperingatkan mereka.

“Tindakan tersebut merupakan pelanggaran terhadap Piagam PBB dan norma-norma hukum internasional,” katanya.

Dia mengatakan tanggung jawab itu ditanggung oleh orang-orang yang memberi awak Ukraina perintah ilegal. Polyanskiy mengatakan kepada anggota Dewan Keamanan bahwa kapal Ukraina ditahan di pelabuhan Rusia, menunggu penyelidikan.

Dalam pertemuan kedua pada hari yang sama, Volodymyr Yelchenko, perwakilan permanen Ukraina untuk PBB, memberi tahu Dewan Keamanan dari laporan negaranya tentang peristiwa itu, menyatakan bahwa apa yang perwakilan Rusia katakan sebelumnya adalah kebohongan terang-terangan.

Pada hari Minggu, Angkatan Laut Ukraina mengatakan bahwa pasukan Rusia melepaskan tembakan dan menyita tiga kapal miliknya di dekat Selat Kerch, yang memisahkan Laut Hitam dan Laut Azov.

“Enam pelaut militer Ukraina terluka dalam serangan itu dan dua dari mereka berada dalam kondisi serius,” kata Angkatan Laut Ukraina.

Dinas Keamanan Federal Rusia (FSB) mengatakan bahwa tiga kapal Ukraina, yaitu Berdyansk, Nikopol dan Yany Kapu, melanggar perbatasan Rusia dan melakukan manuver berbahaya kendati ada pesan kapal yang menyertainya dari FSB dan Armada Laut Hitam Rusia.

 

 

 

 

Sumber : sindonews.com
Gambar : Liputan6.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *