Australia dan Indonesia Perkuat Kerja Sama Operasi Keselamatan Udara

Angkatan udara Australia melakukan kunjungan ke Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau, Kamis 22 November 2018.

Kedatangan delegasi militer Australia untuk melakukan kerja sama dan saling menukar informasi untuk operasi di udara.

Delegasi Angkatan Udara Australia Royal Australian Air Force (RAAF) yang tergabung dalam Joint Working Group (JWG) disambut oleh Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin menegaskan, kerja sama yang dilaksanakan antara TNI AU dan RAAF merupakan program yang diselenggarakan secara periodik dan terjadwal dalam rangka mengembangkan dan berbagi semua pengalaman untuk mencapai zero accident selama di udara.

“Kita telah berkomitmen, bahwa keselamatan adalah prioritas tertinggi dalam setiap aspek tugas. Oleh karena itu, kegiatan kita ini sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan dalam keselamatan penerbangan,” tutur Marsma TNI Ronny Irianto Moningka Kamis (22/11/2018).

Dia menegaskan, misi dan operasi angkatan udara adalah terbang dan bekerja, baik di udara maupun darat. Penerbangan tentunya memiliki risiko yang tinggi jadi harus diantisipasi dengan baik.

“Situasi seperti ini membutuhkan kepedulian kita untuk lebih memberikan perhatian tinggi dalam rangka meminimalisasi risiko baik kecelakaan maupun insiden,” tegasnya.

Kepala Dinas Keselamatan Terbang dan Kerja Angkatan Udara (Kadislambangjau), Marsekal Pertama TNI Agung Heru menerangkan kerja sama JWG ini diinisiasi oleh kedua negara sejak tahun 2010.

Dia menjelaskan kerja sama JWG yang sudah terlaksana antara lain direktif tentang keselamatan terbang dan kerja angkatan udara, penyusunan petunjuk induk dan petunjuk pelaksanaan TNI AU tentang keselamatan terbang dan kerja angkatan udara, serta pengadaan publikasi elektronika.

Lanud Roesmin Nurjadin merupakan salah satu markas TNI AU yang berada di wilayah barat dan mengoperasikan beberapa pesawat tempur yakni Hawk 100/200 dan F-16. Delegasi militer angkatan udara Australia sendiri dipimpin oleh Air Commodore Anthony Jones.

 

 

 

 

 

Sumber : SINDOnews
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *