Angela Merkel Ingatkan Pentingnya Perdamaian Dunia

Kanselir Jerman telah memberikan pidato yang berapi-api tentang pentingnya kerjasama internasional dan multilateralisme. Merkel memperingatkan bahayanya “isolasionisme destruktif” dalam pembukaan Forum Perdamaian Paris.
Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, kerja sama internasional adalah satu-satunya cara untuk mencegah krisis global dan perang, dalam pidato di Forum Perdamaian Paris, Minggu (11/11), hanya beberapa jam setelah menghadiri peringatan 100 tahun berakhirnya Perang Dunia I bersama Presiden Perancis Emmanuel Macron.

“Kami tahu bahwa sebagian besar tantangan dan ancaman saat ini tidak lagi dapat diselesaikan oleh satu bangsa saja, tetapi hanya berhasil jika kita bertindak bersama. Itulah mengapa kita harus melakukan kolaborasi semacam ini,” kata Merkel.

“Kerjasama internasional yang erat atas dasar nilai-nilai bersama yang diabadikan dalam piagam PBB: Ini adalah satu-satunya cara untuk mengatasi masa lalu yang kelam dan membuka masa depan yang baru,” ujar kanselir kepada forum.

‘Tindakan konkrit’

Sebelum pidato Merkel, Presiden Perancis Macron mengatakan tujuan forum itu adalah “untuk mempromosikan tindakan konkrit yang bisa memastikan bahwa upaya menuju perdamaian mengalami kemajuan setiap tahun.”

Macron memperingatkan bahwa “kembalinya nasionalisme” menimbulkan tantangan eksistensial terhadap kerja sama internasional dan mengancam kemajuan yang tercapai setelah dua perang dunia. Ia juga menyebut terorisme, kejahatan siber, perubahan iklim dan risiko global bisa berpotensi mengancam kestabilan.

Komitmen Merkel dan Macron terhadap dunia multilateral tampak sangat kontras dengan kebijakan “America First” Presiden AS Donald Trump. Hubungan AS dengan negara-negara Barat menjadi tegang sejak ia menduduki jabatan sebagai presiden.

 

 

 

 

Sumber : Jawapost.com
Gambar : BBC.com

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *