Harga Minyak Mentah Turun Tipis di Tengah Penurunan Ekspor Iran

Harga minyak mentah turun tipis dari level tertingginya dalam hampir empat tahun terakhir, setelah investor mempertimbangkan kemampuan OPEC untuk menggantikan penurunan ekspor Iran.

Minyak West Texas Intermediate untuk pengiriman November diperdagangkan pada US$75,05 per barel pada pukul 16.37 waktu setempat. setelah menetap di US$75,23 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, minyak patokan global Brent untuk pengiriman Desember turun 0,18 poin ke level US$84,80 per barel di bursa ICE Futures Europe yang berbasis di London. Minyak mentah patokan global diperdagangkan lebih tinggi US$9,76 premium terhadap WTI untuk bulan yang sama.

Ekspor minyak mentah dan kondensat Iran turun ke titik terendah dalam 2,5 tahun terakhir sebelum kembalinya sanksi AS. Sementara itu, Perjanjian AS-Meksiko-Kanada yang baru, yang menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), mengurangi beberapa kekhawatiran tentang perdagangan global.

“Hari ini sedikit ada jeda,” ungkap Bart Melek, kepala analis komoditas di Toronto Dominion Bank, seperti dikutip Bloomberg. “Minyak sempat mencapai ketinggian yang pernah dicapai pada bulan Juli, tetapi pasar terus khawatir tentang pasokan Iran.”

Minyak mentah telah naik sekitar 16% sejak pertengahan Agustus penurunan pasokan dari Iran hingga Venezuela terus mengguncang pasar global. OPEC dan sekutu-sekutunya juga menunjukkan sedikit antusiasme untuk meningkatkan output meskipun Presiden Donald Trump mengeluhkan harga minyak mentah yang tinggi.

Sementara itu di AS, American Petroleum Institute melaporkan cadangan minyak mentah domestik naik 907.000 barel pekan lalu. API juga melaporkan persediaan di Cushing, Oklahoma, nak 2,02 juta barel, sementara stok bensin dan distilat berkurang.

 

 

Sumber : bisnis.com
Gambar : Republika

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *