Inggris Tertatih Menjelang Brexit

Brexit tidak pernah diduga untuk berjalan dengan mudah, tetapi proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa terbukti lebih membingungkan dan penuh kebencian saat tenggat waktu semakin dekat. Awal pekan ini, Uni Eropa menyatakan bahwa proposal kompromi Perdana Menteri Inggris Theresa May tidak bisa dijalankan. Akhir bulan September 2018, May harus mempertahankannya di hadapan pendukung garis keras Brexit Partai Konservatif yang menganggapnya sebagai hal yang tidak dapat diterima.

Waktu berlalu dengan sangat cepat. Uni Eropa telah mengumumkan KTT pada bulan Oktober 2018 sebagai “momen kebenaran” untuk mencapai kesepakatan, yang kemudian akan datang sebelum persetujuan Parlemen Inggris sebelum batas akhir pada 29 Maret 2018, ketika Inggris harus keluar dari UE dengan atau tanpa kesepakatan.

Para pendukung garis keras Brexit menegaskan, jalan keluar tanpa kesepakatan tidaklah buruk, tetapi pandangan yang berlaku membandingkan Brexit tanpa kesepakatan sama halnya dengan jatuh dari tebing. Semua itu menempatkan beban luar biasa di pundak Perdana Menteri Theresa May, yang pada awalnya menentang Inggris meninggalkan Uni Eropa tetapi jatuh ke dalam tugas melaksanakan Brexit sebagai pilihan tetap, kunci sederhana untuk mengambil alih dalam kerusuhan menyusul referendum Juni 2016 yang memilih untuk meninggalkan serikat pekerja.

May telah melakukan berbagai kesalahannya sendiri, termasuk pertaruhannya pada pemilihan umum tahun 2017 yang mengorbankan mayoritas partainya di Parlemen, tetapi dia memiliki beberapa keuntungan di akhir pemilihan, termasuk rasa tanggung jawabnya yang mengagumkan dan ketakutan pihak lain bahwa penggulingan May akan menyebabkan kekacauan politik.

Bagian dari kesulitan membedakan posisi segala sesuatunya ialah campuran agenda yang terlibat dan kekeruhan yang selalu menyertai tahap akhir negosiasi. Para pemimpin Uni Eropa, terutama Presiden Prancis Emmanuel Macron, bertekad untuk membuat Brexit sebisa mungkin menyakitkan untuk menghalangi anggota UE lain membelot.

Pada pertemuan blok itu pada hari Kamis (20/9), Macron mengatakan kemenangan “keluar dari UE” dalam referendum 2016 diatur oleh politisi yang memperkirakan solusi mudah. Orang-orang tersebut adalah “pembohong,” katanya. Di dalam negeri, May menghadapi pemberontak anti serikat buruh di dalam partainya, seperti Boris Johnson, mantan menteri luar negerinya yang mengundurkan diri atas usul kompromi yang dia siarkan melalui kabinetnya pada bulan Juni 2018, dengan Inggris akan tetap berada di wilayah perdagangan bebas dengan blok UE untuk barang tetapi tidak untuk jasa.

Johnson menyamakan proposal tersebut bagaikan upaya “memoles kotoran.” Johnson juga dipandang sebagai calon pengganti yang potensial jika Konservatif menggulingkan May. Namun, banyak anggota Konservatif di Parlemen khawatir bahwa terdapat gagasan munculnya kekuasaan oleh teatrikal Johnson atau sosialis garis lama Jeremy Corbyn, pemimpin Partai Buruh, dan akan lebih suka May tetap tinggal, apa pun keberatan mereka tentang rencana Brexit-nya.

Selain itu, di Uni Eropa, beberapa pemimpin Euroskeptic seperti Viktor Orban dari Hungaria bersimpati dengan niat Inggris untuk meninggalkan serikat pekerja dan menentang sikap keras Macron. Pada akhirnya, harapan terbaik May mungkin terletak pada kesepakatan yang tidak jelas yang akan meninggalkan banyak detail spesifik yang harus diselesaikan dalam periode transisi melampaui tenggat waktu Maret 2019.

Hal itu akan memudahkan perdana menteri untuk mendapatkan persetujuan dari Parlemen dan terus bekerja pada rincian ekstrem, seperti apa yang harus dilakukan tentang perbatasan Irlandia. Dengan Inggris keluar dari blok, akan terdapat kebutuhan untuk melakukan kontrol bea cukai antara Irlandia, anggota Uni Eropa, dan Irlandia Utara, sebuah provinsi Inggris, mimpi buruk logistik dan politik yang tidak diinginkan siapapun.

Pilihan lain, yang disukai oleh politisi Inggris seperti Walikota London Sadiq Khan, dan oleh banyak pihak di sisi Uni Eropa, ialah dilaksanakannya referendum lain. May menegaskan tidak akan ada pemungutan suara kedua, tetapi mengingat berapa banyak yang telah terungkap tentang konsekuensi Brexit dan kemungkinan campur tangan Rusia dalam pemungutan suara, terdapat argumen yang valid untuk mengajukan pertanyaan kembali ke hadapan publik.

Jelasnya, bagaimana pun permainan ini dimainkan, untuk memparafrasekan seorang Inggris yang terkenal, ialah jika hal itu telah selesai, sebaiknya dilakukan secara damai dan tidak terlalu cepat. Membuat Inggris menjadi contoh bagi para Euroskeptic lain bukanlah argumen yang valid untuk meluruskan proses tersebut, karena negara manapun yang memilih untuk keluar akan sangat mungkin melakukannya karena alasan mereka masing-masing.

Terus berpura-pura bahwa Brexit tanpa kesepakatan tidak akan menyakitkan merupakan demagogi murni. Ketika waktunya habis, sudah saatnya bagi semua orang untuk memikirkan bagaimana cara meminimalisir kerusakan.

 

 

 

 

Sumber Berita : matamatapolitik
Sumber foto : Mata Mata Politik

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *