Rahmad Darmawan Bersedia Jika Diminta Latih Timnas Indonesia

Rahmad Darmawan yang disebut-sebut menjadi salah satu kandidat pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2018 mengaku antusias dengan kabar tersebut namun belum dihubungi PSSI.

Pelatih yang kerap disapa coach RD itu mengatakan semua pelatih tidak akan menolak jika dipanggil negara untuk melatih Timnas Indonesia.

Hingga kini pelatih asal Lampung itu mengaku belum pernah berkomunikasi dengan PSSI, namun RD menganggap hal tersebut lumrah lantaran merasa tidak perlu mendapat kabar dari federasi jika hanya masih berstatus sebagai kandidat.

Selain RD, beberapa nama lain juga disebut menjadi kandidat calon pelatih Timnas Indonesia. Mereka adalah Widodo Cahyono Putro, Jaksen F Thiago, Simon McMenemy dan Bima Sakti.

“Saya rasa semua kita serahkan ke pengurus PSSI. Apapun yang akan jadi keputusan mereka [PSSI] kita harus support. Saya tidak bisa katakan apapun, karena semua ada pertimbangan-pertimbangan yang kita tidak tahu. Tapi kalau memang Luis Milla mau dan PSSI mau, kenapa tidak?” kata RD kepada CNNIndonesia.com, Kamis (13/9).

Buat RD, tugas utamanya kini adalah membawa Mitra Kukar menang di setiap pertandingan yang dilakoninya di kompetisi Liga 1 2018. Saat ini, Mitra Kukar berada di urutan ke-11 di klasemen sementara Liga 1 2018.

Mantan pelatih Persija Jakarta, Arema FC, Persebaya Surabaya dan Sriwijaya FC itu juga enggan berpikir terlalu jauh soal kemungkinannya melatih Timnas Indonesia.

“Saya pikir semua pelatih pasti tidak akan menolak panggilan negara. Hanya memang kewenangan pengurus klub terhadap hal ini pasti akan menjadi satu pertimbangan juga, karena status beberapa pelatih yang dinominasikan masih milik klub.”

“Tapi kalau secara pribadi, saya pasti tidak mungkin menolak panggilan negara. Itu saja,” ungkapnya.

Timnas Berkembang di Bawah Milla

Di sisi lain, RD yang juga merupakan mantan pelatih Timnas Indonesia U-23 itu mengatakan Luis Milla melakukan tugas yang baik selama menjadi juru latih skuat Merah Putih. Mantan pemain Persija itu juga mengapresiasi permainan apik yang ditampilkan Stefano Lilipaly dan kawan-kawan di sepanjang gelaran Asian Games 2018 lalu.

“Fundamental sepak bola kita [Indonesia] mengedepankan kecepatan dan permainan pendek. Apa yang dibuat Luis Milla itu sudah benar dan saya pun sangat setuju dengan strategi, taktik bermain dan cara seperti itu. Saya rasa semua tidak memungkiri bahwa ada kemajuan penampilan kita di Asian Games kemarin,” jelas RD.

 

 

 

Sumber Berita : cnnindonesia.com
Sumber foto : CNN Indonesia

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *