PBB Ingatkan Ancaman Gelombang Ketiga Wabah Kolera di Yaman

Kantor PBB bagi Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) pada Rabu (22/8) mengatakan jumlah kasus dugaan kolera di Yaman dilaporkan meningkat. Ada kekhawatiran mengenai kemungkinan gelombang ketiga wabah tersebut. Sejak April 2017, lebih dari 1,1 juta kasus dugaan dan lebih dari 2.300 kematian yang telah dilaporkan. Ini menjadikan kolera di Yaman sebagai wabah terbesar dalam sejarah.

“Semua mitra kemanusiaan menanggapi untuk menghindari kemunculan kembali dalam skala luas. Bulan ini, mitra kami telah memberi vaksin lebih dari 385 ribu orang terhadap kolera di kabupaten yang sangat berisiko, Hodeidah dan Ibb,” kata Stephane Dujarric, Juru Bicara bagi Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres dalam taklimat rutin.

Dia mengatakan OCHA terkendala oleh kerusakan prasarana kesehatan dan air, kebersihan, dan kesehatan akibat konflik. Akses ke layanan ini penting untuk mencegah wabah kolera yang lebih besar. “Semua pihak dalam konflik tersebut harus memenuhi kewajiban mereka berdasarkan hukum kemanusiaan internasional guna melindungi warga sipil dan prasarana sipil,” katanya.

 

 

 

 

Sumber Berita : republika.com
Sumber foto : Warta Sumedang

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *