Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Bali, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bermagnitudo 5,1 mengguncang Denpasar dan sekitarnya pada Kamis (23/8/2018) pukul 05.48 Wita. Kepala Balai Besar MKG Wilayah III Denpasar Taufik Gunawan melalui siaran persnya mengatakan, pusat gempa terletak pada koordinat 9,48 LS dan 114,75 BT, atau tepatnya di laut pada jarak 103 km arah barat daya Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada kedalaman 68 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman dangkal ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia,” kata Taufik, Kamis. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik (thrust fault).

Berdasarkan laporan masyarakat, gempa ini terasa di Kuta, Jimbaran, Denpasar II SIG-BMKG (III-IV MMI), Mataram, Lombok barat, Lombok Tengah, dan Lombok Timur II SIG-BMKG ( III MMI), Gumuk Mas (Jember) I-II SIG-BMKG (II-III MMI). “Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” pungkas Taufik.

 

 

 

 

Sumber Berita : kompas.com
Sumber foto : Tribunnews.com

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *