Takamikura Untuk Pergantian Kaisar Jepang Mulai Dibuat di Kyoto

Takamikura atau singgasana bagi Kaisar Jepang mulai dibongkar dan pertama kali diperlihatkan kepada pers kemarin (19/8/2018). “Takamikura mulai dibongkar dan mudah-mdahan ini sudah bisa dibawa ke Tokyo untuk persiapan acara pergantian Kaisar Jepang 30 April 2019 mendatang,” Senin ini (20/8/2018).
Kekaisaran Kyoto, terutama Shishinden, biasanya ditutup bagi umum.

Kali ini saja dibuka bagi pers untuk melihat dimulainy apekerjaan pembongkaran Takamikura untuk singgasana Kaisar yang akan dipakai nanti saat pergantian Kaisar jepang. Pembongkaran lalu dibawa dengan kendaraan khusus ke Tokyo, hanya lewat darat, lalu diperbaiki dipercantik semuanya di Tokyo dipasang kembali di lokasi untuk pergantian tahta kekaisaran 2019. Diperkirakan Oktober sudah ulai pekerjaan perbaikan dan pemasangan kembali tersebut.

Takamikura atau Takhta Krisantemum adalah istilah yang digunakan untuk merujuk singgasana dari Kaisar Jepang. Penggunaan istilah “Takhta Krisantemum” juga dapat digunakan untuk merujuk kepala negara dan Kekaisaran Jepang itu sendiri. Bunga krisantemum atau bunga Kiku sebagai tanda kekaisaran dan kepangkatan yang digunakan oleh Kaisar Jepang.

Kekaisaran Jepang merupakan monarki tertua di dunia. Menurut buku sejarah Jepang, Nihonshoki, Kekaisaran Jepang didirikan oleh Kaisar Jinmu pada 660 SM dan kaisar yang terkini, Akihito, adalah kaisar yang ke-125. Ini berdasarkan catatan yang tertulis sejak masa pemerintahan Kaisar Ojin pada awal abad ke-5.

Meskipun demikian ternyata ada delapan orang Maharani (kaisar wanita) pernah memerintah Jepang pada suatu masa, ini tidak mungkin lagi terjadi pada masa kini akibat undang-undang yang dibuat oleh Badan Rumah Tangga Kekaisaran dan Badan Penasehat Raja pada pertengahan abad ke-19.

 

 

 

 

Sumber Berita : tribunnews.com
Sumber foto : Tribunnews.com

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *