Bertemu Jusuf Kalla, Gubernur Prefektur Aichi Jepang Usul RI Dirikan KJRI di Aichi

Wakil Presiden Jusuf Kalla menerima kunjungan Hideaki Ohmura, Gubernur Prefektur Aichi, Jepang. Dalam pertemuan, Hideaki mengusulkan Indonesia agar membangun Konsulat Jenderal RI atau KJRI di Aichi. Hideaki beralasan masyarakat Indonesia yang berada di Aichi sekitar 6500 orang, di mana menjadi jumlah orang asing terbanyak di Jepang.

“Mengingat hal tersebut kami meminta dukungan dan bantuan dari Bapak wakil Presiden, yang pertama adalah untuk dipertimbangkan pendirian konsulat jenderal RI di daerah kami di Aichi,” ujar Hideaki di Kantor Wapres Rl, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Senin (20/8/2018). Selain itu, Hideaki juga meminta agar maskapai plat merah yakni Garuda Indonesia dapat membuka rute penerbangan langsung dari Jakarta menuju Aichi.

“Dan kami minta dukungan dan bantuan dari Bapak wakil Presiden untuk memfasilitasi hal tersebut,” terangnya. Menanggapi permintaan tersebut, JK disebut Hideaki akan membuka komunikasi dengan Kementerian Luar Negeri RI dan Garuda Indonesia. “JK akan bicara dengan pihak Kementerian Luar Negeri RI dan untuk itu saya juga sudah menyampaikan surat resmi tadi.

Terkait dengan pembukaan rute langsung antara daerah kami dengan Jakarta, Bapak wakil Presiden juga bilang hal tersebut juga sangat penting, oleh karena itu akan beliau bicara dengan pihak Garuda Indonesia,” jelas Hideaki. Ia menegaskan hubungan persahabatam antara Indonesia dan Aichi, cukup kuat, karena telah terjalin lama.

“Jadi memang, kami sebagai sahabat sejati, karena saat ini lebih dari 250 perusahaan yang melakukan investasi dan bisnis di Indonesia berasal dari daerah kami dari Aichi, atau lebih dari 50 persen dari total nilai investasi yang ditawarkan itu berasal dari daerah kami,” ujarnya.
Sejauh ini perwakilan RI yang berada di negeri Matahari terbit tersebut yakni Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo, Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Osaka, Konsulat Kehormatan Republik Indonesia di Fukuoka, serta Konsulat Kehormatan Republik Indonesia di Sapporo.

 

 

 

 

Sumber Berita : tribunnews.com
Sumber foto : Kumparan

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *