Kakak Ganjar Pranowo Dilantik Jadi Hakim Agung

Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali resmi melantik dua hakim agung yakni Abdul Manaf dari kamar agama dan Pri Pambudi dari kamar perdata. Pambudi diketahui merupakan kakak Gubernur Jawa Tengah sekaligus kader PDIP Ganjar Pranowo. Pelantikan itu tertuang dalam Keputusan Presiden tentang pengangkatan hakim agung yang ditandatangani Joko Widodo pada 7 Agustus lalu.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan menjalankan kewajiban sebagai hakim agung dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya,” ujar Abdul dan Pambudi mengikuti pernyataan sumpah dari Hatta. Setelah mengucapkan sumpah, Pambudi bersama Abdul kemudian menandatangani berita acara pelantikan sebagai hakim agung. Dalam pelantikan ini hadir pula Ganjar, Ketua MK Anwar Usman, dan sejumlah pejabat negara lainnya. Dalam proses wawancara Mei lalu, Pambudi sempat disinggung soal jabatannya sebagai hakim tinggi. Sebelum menjadi hakim tinggi di PT Jawa Tengah, Pambudi telah berkarier di MA kurang lebih 14 tahun sejak 2003-2017.

Ia juga pernah menjabat sebagai asisten koordinator Ketua MA hingga panitera muda perdata MA sebelum dipromosikan sebagai hakim tinggi. Berdasarkan temuan Komisi Yudisial, promosi Pambudi menjadi hakim tinggi dilakukan tanpa melalui Tim Promosi dan Mutasi. Ia juga diketahui tak menyerahkan LHKPN selama lima tahun berturut-turut.

 

 

 

 

Sumber Berita : cnnindonesia.com
Sumber foto : Kumparan

 

 

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *