Tim Penyelam Goa di Thailand Jadi Tamu Kehormatan PM Inggris

Penyelam goa asal Inggris yang membantu menyelamatkan 12 remaja Thailand dan pelatih sepak bola mereka dari dalam goa menjadi tamu kehormatan Perdana Menteri Theresa May pada Selasa (24/7/2018).

Dari antara mereka yang diundang ke Downing Street adalah John Volanthen. Dia merupakan salah satu penyelam yang pertama kali menemukan keberadaan tim sepak bola “Wild Boars”. “John, Anda telah mengatakan bahwa Anda bukan pahlawan. Tapi bagi kami semua, Anda adalah pahlawan,” kata May, seperti diwartakan AFP. “Itu misi penyelamatan yang luar biasa,” imbuhnya

May juga memberi penghormatan kepada mantan Angkatan Laut Thailand SEAL, Saman Kunan, yang meninggal karena kehabisan oksigen.

“Dia kehilangan nyawanya untuk menyelamatkan nyawa orang lain, sebuah bahaya yang juga Anda hadapi,” ucanya. Volanthen mengatakan, suatu kehormatan untuk bergabung guna menyelamatkan anak-anak ini dan pelatih mereka.

Ketika dia dan sesama penyelam Inggris Rick Stanton menemukan anak-anak itu, perasaan bahagia menyelimuti keduanya. Namun, mereka tetap khawatir untuk mengeluarkan mereka. “Kami semua sangat lega. Itu merupakan emosi yang utama karena ada banyak hal yang bisa salah,” katanya.

Terkait tentang perhatian media dari seluruh dunia, Volanthen mengatakan dia hanya melakukan apa yang harus dikerjakan. “Kami mengabaikannya dan fokus pada apa yang perlu dilakukan,” ujarnya. British Rescue Council mencatatkan total ada 8 penyelam goa dan tiga penyelamat goa lainnya yang dikirim ke Thailand dari Inggris untuk misi penyelamatan tersebut.

 

 

Sumber Berita : Kompas.com
Sumber foto : Kompas Internasional

 

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *