DiCaprio dan Brad Pitt Sempat Ditawari Flim ‘Brokeback Mountain’

Sutradara Gus Van Sant mengakui bahwa pada awalnya ia menawarkan proyek film Brokeback Mountain kepada sejumlah aktor besar, beberapa di antaranya Leonardo DiCaprio dan Brad Pitt.

Namun para aktor tampan tersebut menolak proyek film bernuansa hubungan sesama jenis itu. Brokeback Mountain pun kemudian diambil alih oleh sutradara Ang Lee yang berujung pada kesuksesan komersil dan penghargaan.

Kepada Indie Wire, Van Sant mengaku dirinya amat tertarik mengangkat kisah pendek soal dua koboi karangan Annie Proulx tersebut ke layar lebar. Dan ia menginginkan para aktor besar bermain dalam film tersebut.

“Tak ada yang menginginkannya,” kata Van Sant.

“Saya sedang mengerjakannya dan saya rasa itu perlu pemain yang kuat, seperti yang sudah terkenal. Tapi itu gagal. Saya menawarkan ke sejumlah aktor: Leonardo DiCaprio, Brad Pitt, Matt Damon, Ryan Phillippe. Mereka semua menolak,” lanjutnya.

“Ya. Semua aktor muda itu menolak proyek ini, untuk sejumlah alasan,” kata Van Sant.

Indie Wire juga menyebutkan produser dan penulis naskah Brokeback Mountain, Diana Ossana mengonfirmasi cerita dari Van Sant tersebut melalui surel. Ossana menulis kisah film itu bersama Larry McMurtry.

Brokeback Mountain merupakan sebuah kisah cinta antara dua koboi pria yang saling memiliki perasaan satu sama lain saat menjalani pekerjaan mereka, menjaga hewan ternak, di pedalaman Pegunungan Brokeback di Wyoming.

Kisah tersebut aslinya merupakan cerita pendek karangan Annie Proulx dan membuat Van Sant tertarik. Namun ia gagal menyutradarai hingga sempat jatuh kepada sutradara Joel Schumacher, tapi gagal pula.

Proyek itu kemudian datang ke sutradara Ang Lee yang semula berencana rehat usai menggarap film Hulk. Namun begitu mendengar kisah film ini dan membaca naskahnya, ia ingin menggarapnya asalkan dipimpin produser independen.

Film ini pun akhirnya digarap oleh Lee. Kala itu, sutradara Taiwan ini mengaku bahwa ‘Brokeback Mountain’ adalah film yang membuat idealismenya kembali.

Pasangan koboi itu pun diperankan oleh Jake Gyllenhall dan Heath Ledger serta dirilis pada 2005.

Film ini mendapatkan kesuksesan komersial luar biasa dengan pendapatan mencapai US$178,1 juta dari bujet US$14 juta dan meraih penghargaan dari berbagai ajang, termasuk Academy Awards.

Brokeback Mountain mendapatkan delapan nominasi Oscar, termasuk Best Picture, Best Actor, Best Supporting Actor, dan Best Director. Namun film ini hanya membawa pulang tiga piala, Best Director, Best Adapted Screenplay, dan Best Original Score.

“Kisah aslinya, yang pernah tayang di The New Yorker, amatlah sederhana dan indah, dan Larry telah mengubahnya seperti film The Last Picture Show,” kata Van Sant merujuk film yang juga ditulis McMurtry pada 1971 itu. “Yang mana itu amat bagus,”

Van Sant kemudian mengatakan ia sadar tak akan membuat Brokeback Mountain seperti yang sudah dibuat oleh Ang Lee. Dan menurutnya, veris Ang Lee sudah cukup.

 

Sumber Berita : cnnindonesia.com
Sumber foto : ¡HOLA! USA

[social_warfare buttons = “Facebook, Pinterest, LinkedIn, Twitter, Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *