Senyum Sutradara Parasite Merekah Pandangi Piala Oscar

Senyum sutradara Bong Joon-ho mengembang memandangi piala perdana Oscar 2020 kategori Best Original Screenplay yang ia terima di malam penganugerahan pada Senin (20/2) waktu Indonesia.

“Terima kasih. Ini sebuah kehormatan yang besar. Menulis naskah merupakan proses yang sepi. Terima kasih kepada istri saya yang selalu memberi inspirasi,” kata Bong Joon-ho di atas panggung.

Ia kemudian berkata, “Terima kasih juga kepada para pemain yang membuat film Parasite begitu hidup.”

Parasite menjadi film Korea pertama yang memenangkan penghargaan yang diselenggarakan the Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS). Sebelumnya, tak ada film Korea yang mendapatkan nominasi Oscar.

Parasite juga menjadi film non-bahasa Inggris perdana yang memenangkan Best Original Screenplay sejak film bahasa Spanyol, Talk to Her, pada 2002.

“Penghargaan ini untuk Korea Selatan,” kata Bong Joon-ho.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, rasa bangga Bong Joon-ho tersebut jelas terlihat ketika ia memberi kesempatan kepada ko-penulis Han Ji-won untuk berbicara di atas panggung.

Bong Joon-ho terlihat sedikit mundur kemudian melihat piala emas Oscar di tangannya dengan senyum yang mekar di wajahnya. Sebelum turun panggung, ia kembali melihat piala tersebut sambil tersenyum lebar seakan tak percaya.

Dalam nominasi Best Original Screenplay, Parasite berhasil mengalahkan Knives Out (Rian Johnson), Marriage Story (Noah Baumbach), 1917 (Sam Mendes), dan Once Upon a Time in Hollywood (Quentin Tarantino).

Selain itu, Parasite juga masuk lima bursa kategori lainnya seperti Best Director, Best International Film, Best Production Design, dan Best Film Editing.

Sebelumnya, Parasite menjadi film non-bahasa Inggris pertama yang memenangkan Screen Actors Guild Award untuk Outstanding Performance by a Cast in a Motion Picture.

Parasite merupakan film satire yang menggambarkan kesenjangan sosial dan ekonomi dua keluarga, Park dan Kim. Secara perlahan, satu per satu anggota keluarga Kim bekerja di kediaman Park.

Hubungan keluarga Park dan Kim berkembang secara kompleks dan saling membahayakan. Meski demikian, Bong Joon-ho tak lupa menambahkan unsur humor dalam film tersebut.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *