Badai Ciara Picu Banjir di Sejumlah Wilayah Inggris

Hujan deras dan angin kencang yang dibawa Badai Ciara telah memicu banjir di sejumlah wilayah di Inggris. Kuatnya terjangan Badai Ciara juga menumbangkan pepohonan, merusak sejumlah bangunan dan memicu evakuasi warga.

Dikutip dari BBC, Senin 10 Febriari 2020, Mytholmroyd di Inggris bagian utara menjadi salah satu kota yang terdampak Badai Ciara. Banjir di kota tersebut berasal dari Sungai Calder yang meluap di tengah terjangan badai.

Tidak hanya banjir, Badai Ciara juga memadamkan aliran listrik untuk ribuan orang dan memicu pembatalan sejumlah ajang olahraga, termasuk pertandingan sepak bola Liga Premier Inggris.

Sejumlah moda transportasi umum seperti kapal feri, kereta dan pesawat di seantero Inggris juga terganggu. Warga yang menggunakan kendaraan pribadi juga diimbau untuk ekstra berhati-hati saat berkendara di tengah badai.

Banyak wilayah di Inggris yang menerapkan status siaga angin kencang. Badan Meteorologi Inggris (Met Office) memperingatkan bahwa gelombang tinggi di wilayah pesisir dan banyaknya benda yang beterbangan ditiup angin kencang dapat melukai warga.

Peringatan hujan deras dan angin kencang juga diterapkan untuk Wales. Sejumlah pakar meteorologi mengatakan tiupan angin kencang ini merupakan sebuah fitur tak biasa dari sebuah badai yang melanda Inggris.

Bandara Manchester mencatat kecepatan angin di sekitar landasan pacu mereka mencapai 138 kilometer per jam. Di Cumbria, Honister Pass, hujan deras dalam 24 jam terakhir tercatat mencapai intensitas 177 milimeter.

Sementara di Skotlandia, angin kencang dengan kecepatan 123 km/jam melanda Tiree di Inner Hebdrides. Hujan deras di area tersebut juga telah membuat Sungai Nith meluap.

Lebih dari 250 peringatan banjir telah diserukan di Britania Raya, yakni lebih dari 200 di Inggris, 60 Skotlandia dan 17 Wales.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Media Indonesia

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *