Dipulangkan dari Batam, Ratusan Turis Cina Teriak ‘Jia You Wuhan

Ratusan turis asal Cina yang berlibur di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau secara bertahap dipulangkan ke negara asal mereka menyusul wabah virus corona.

Pemulangan dilakukan bertahap. Seperti pada Kamis, 30 Januari 2020, satu rombongan turis Cina kembali dipulangkan melalui Bandara Internasional Hang Nadim. Tampak mereka sudah siap dengan barang bawannya.

Tidak seperti biasa barang bawaan itu dibungkus rapat dalam kardus. Bertuliskan aksara mandarin. Selain itu para wisatawan tersebut juga menggunakan masker. Ketika sampai di Bandara mereka tiba-tiba membuat barisan dan berteriak “Jia you Wuhan”, yang artinya kurang lebih Semangat Wuhan.

Kapala Bandara Hang Nadim Batam Suwarso mengatakan ada 399 turis yang akan dipulangkan ke Cina. “Semuanya datang ke Batam menggunakan agen perjalanan,” ujarnya kepada Tempo, Kamis, 30 Januari 2020.

Suwarso mengatakan, setelah turis itu para turis itu berangkat, otoritas bandara segera menyemprotkan disininfiktan di ruangan yang digunakan turis ketika di bandara. “Selain itu kami tetap menggunakan scanner, sampai saat ini belum ada yang suspect virus tersebut,” kata dia.

Suwarso memastikan, seluruh turis yang dibawa agen dari Cina sudah dipulangkan. Hari ini pemulangan terakhir yaitu sebanyak 100 lebih turis.

 

 

 

 

 

Sumber : tempo.co
Gambar : Batamnews

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,Linke
dIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *