Tiga Turis Asing di Bali Diperiksa Terkait Virus Corona

Tiga wisatawan asing pada Jumat (24/1) tengah diobservasi di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sanglah, Denpasar, Bali, atas dugaan terkena virus Corona.

“Tiga pasien itu masih suspect belum pasti. Untuk menjelaskan itu perlu pemeriksaan swipe dan sudah dikirim ke Jakarta, belum ada hasilnya. Sementara kami rawat sebagai observasi dulu,” kata Direktur Medik dan Keperawatan RSUP Sanglah Dr dr I Ketut Sudartana, seperti dikutip dari Antara.

Tiga pasien tersebut adalah satu orang dewasa asal Meksiko dan dua anak-anak berusia sekitar 5-6 tahun yang berasal dari China.

“Satu pasien dari Meksiko ini memang sebelumnya dia dapat lama ada di China, kemudian dia ke Filipina lalu ke Jakarta dan sejak seminggu lalu ada di Bali, dengan keluhan panas. Ada yang dirujuk dari RS BIMC dan ada juga yang datang sendiri ke Sanglah,” katanya.

Sudartana menyatakan kondisi ketiga pasien sudah membaik dengan suhu sekitar 37 derajat celcius, dalam kondisi sadar dan tidak ditemukan masalah secara signifikan.

“Untuk pengobatan ya tentu kita sudah memberikan obat penurun panas untuk yang panas suhu tubuhnya dan juga obat batuk, sesuai dengan keluhan,” ucap dr Sudartana.

RSUP Sanglah menyatakan siap menjadi rujukan dan memberikan penanganan apabila ditemukan pasien yang terjangkit virus corona di Bali.

Saat ini pihak rumah sakit menyiapkan dokter spesialis dan lima ruang isolasi di Nusa Indah dan persiapan lainnya.

“Kalau kami sudah siap dari segi tenaga medik, perawat, ruangan isolasi dan semuanya sudah siap,” katanya.

Ia mengimbau bagi wisatawan yang ada di Bali, apabila merasakan keluhan pada kesehatan dianjurkan untuk segera mendatangi layanan-layanan kesehatan yang ada di Bali, mulai dari Puskesmas dan RS swasta.

Virus corona yang menyebabkan wabah pneumonia di China berasal dari Wuhan dan hingga hari ini menyebabkan 26 meninggal dunia dan ratusan lainnya terinfeksi. Selain di China, penderita yang terinfeksi juga ditemukan di negara Taiwan, Makau, Amerika Serikat, Thailand, dan Vietnam.

Selain di Bali, satu orang di Indonesia menjadi suspect terinfeksi virus Corona dan saat ini tengah diobservasi di Rumah Sakit Yulianti Saroso.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : detikNews

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *