Ragam Adaptasi Doctor Dolittle Seabad Terakhir

Karakter Doctor Dolittle ciptaan Hugh Lofting kembali diadaptasi ke dalam sebuah film, kali ini berjudul ‘Dolittle.’ Film yang diarahkan oleh sutradara pemenang Oscar, Stephen Gaghan itu dibintangi oleh Robert Downey Jr.

Kisahnya, didasarkan pada buku kedua Lofting The Voyages of Doctor Dolittle yang dirilis pada 1922. Buku itu bercerita tentang sang dokter hewan terkenal di Inggris yang menyendiri usai kehilangan sang istri, tujuh tahun sebelumnya.

Dia menyendiri di balik tembok tinggi Dolittle Manor, hanya ditemani hewan-hewan eksotis peliharaannya.

Namun, ketika sang ratu muda Victoria (Jessie Buckley) sakit parah, Dolittle yang malas terpaksa berlayar menuju petualangan epik ke sebuah pulau mitos untuk mencari obat, sekaligus mendapatkan kembali kecerdasan dan keberanian.

Selama perjalanan, ia pun harus menghadapi musuh lama, juga bertemu makhluk-makhluk menakjubkan.

Dalam pencarian, dokter tersebut didampingi oleh seorang anak magang yang ia tunjuk sendiri (Harry Collett) dan sekelompok teman hewan.

Kelompok itu termasuk seekor gorila yang mudah cemas (Rami Malek), seekor bebek yang bersemangat tetapi berpikir dirinya adalah burung (Octavia Spencer), duo burung unta sinis (Kumail Nanjiani), beruang kutub yang optimis (John Cena), serta burung beo keras kepala (Emma Thompson) yang juga menjadi penasihat paling terpercaya Dolittle.

Namun sebelum adaptasi ini dirilis pada pertengahan Januari 2020 ini, kisah tentang sang dokter hewan yang belajar berbicara dengan binatang ini telah dibuat dalam beberapa bentuk sejak hampir satu abad silam.

Kisah ini pertama kali diadaptasi pada 1928 ke dalam sebuah film animasi pendek di Jerman yang digarap oleh Lotte Reiniger. Sekitar lima tahun kemudian, tokoh ini menjadi serial di radio NBC.

Pada 30 tahun kemudian, karakter ini kemudian dikembangkan ke layar lebar dalam film bergenre musikal yang dibintangi Rex Harrison pada 1967.

Adaptasi lainnya yakni dalam bentuk serial animasi TV yang diproduksi di DePatie-Freleng Enterprises untuk 20th Century Fox Television. Serial ini tayang dari 1970-1972.

Satu tahun setelahnya, panggung pertunjukan ikut mengadaptasi kisah ini lewat tur konser Philadelphia Boys Choir & Chorale.

Hingga pada 1990-an, Alan Bennett menceritakan kisah ini ke dalam buku audio.

Pada 1998, bisa dikatakan menjadi masa kejayaan Doctor Dolittle. Kisah ini dihidupkan ke dalam panggung musik dan film ikonis yang dibintangi oleh Eddie Murphy.

Film itu meraih kesuksesan besar hingga dibuat menjadi empat seri termasuk Dr. Dolittle 2 (2001), Dr. Dolittle 3 (2006), Dr. Dolittle: Tail to the Chief (2008), dan Dr. Dolittle: Million Dollar Mutts (2009).

Pada 2000-an, adaptasi yang hadir juga beragam. Mulai dari pangung musikal oleh TheatreWorksUSA, yang ditulis Randy Courts dan Mark St. Germain serta film animasi yang menampilkan Jane Seymour, Jason Alexander, dan Tim Curry pada 2011.

Sembilan tahun kemudian, hadir film versi live-action Dolittle yang dibintangi oleh Robert Downey Jr dan diproduseri oleh istrinya, Susan.

Selain Downey, film ini juga didukung oleh bintang-bintang kenamaan yang ikut menjadi pengisi suara hewan-hewan milik Dolittle. Di antaranya terdapat lawan main Downey Jr di Avengers, Tom Holland, kemudian Antonio Banderas, Michael Sheen, Jim Broadbent, Marion Cotillard, Frances de la Tour, Carmen Ejogo, Ralph Fiennes, Selena Gomez, dan Craig Robinson.

Dolittle diarahkan oleh sutradara pemenang Oscar, Stephen Gaghan lewat sebuah skenario yang ditulis Gaghan bersama Dan Gregor dan Doug Mand, serta cerita oleh Thomas Shepherd.

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : CNN Indonesia

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *