RI-Inggris Sepakat Tingkatkan Kerja Sama Bidang Potensial

Inggris merupakan salah satu mitra dagang penting di Eropa dan investor besar di Indonesia. Demikian disampaikan Wakil Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Mahendra Siregar, saat menerima kunjungan Menteri Asia Pasifik Inggris, Heather Wheeler, di Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Selasa 14 Januari 2020.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Wamenlu menyebut Inggris menjadi prioritas penting bagi penguatan diplomasi ekonomi Indonesia di kawasan Eropa.

Kedua negara sepakat untuk meningkatkan kerja sama ekonomi di bidang-bidang potensial seperti perdagangan dan investasi, industri kreatif termasuk teknologi digital di sektor keuangan (Fintech), energi terbarukan, pendidikan dan pengembangan sumber daya manusia, maritim, dan lain-lain.

Menteri Heather Wheeler menyambut positif pernyataan Wamenlu RI, dan sepakat untuk terus meningkatkan kerja sama kedua negara, utamanya dalam rangka meningkatkan kinerja perdagangan bilateral termasuk investasi dan pendidikan melalui mekanisme Trade Review.

Hal ini dipandang penting sebagai langkah konkret mempersiapkan kerja sama ekonomi komprehensif RI-Inggris pascaBrexit, sehingga dapat memberikan manfaat ekonomi lebih besar bagi kedua negara. Kunjungan Menteri Wheeler dipandang sebagai penegasan kembali komitmen kemitraan dan hubungan persahabatan RI-Inggris.

Selain isu bilateral, dibahas pula upaya penguatan kerja sama kedua negara dalam isu-isu global dan regional yang menjadi kepentingan bersama.

Pertemuan tersebut merupakan sinyal baik untuk menambah intensitas kerja sama kedua negara di berbagai bidang guna mencapai pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan rakyat.

Dalam pertemuan tersebut, Wamenlu Mahendra juga menyampaikan rencana Indonesia menjadi tuan rumah World Economic Forum – ASEAN Indo-Pacific Infrastructure and Connectivity Forum pada Juli 2020. Ia mengundang partisipasi Inggris dalam Halal Industry Summit yang akan diselenggarakan di Jakarta pada akhir 2020.

Kunjungan kerja Menteri Heather Wheeler di Jakarta berlangsung pada 13-15 Januari 2020. Kunjungan ke Indonesia ini merupakan kali pertama bagi sang menteri, sejak ia menduduki jabatannya pada Juli 2019. Selain dengan Wamenlu, Menteri Wheeler juga akan bertemu Wakil Menteri Perdagangan, Sekretaris Jenderal ASEAN dan meresmikan kantor Perutusan Tetap Inggris untuk ASEAN di Jakarta.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : RRI

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *