Harga Minyak Dunia Sentuh US$70, Tertinggi dalam Tiga Bulan

Harga minyak mentah dunia terus meroket pada perdagangan Senin (6/1). Lonjakan minyak dipicu memanasnya tensi AS-Iran usai militer AS membunuh komandan senior Iran, Mayor Jenderal Qassem Soleimani.

Mengutip Antara, harga minyak mentah berjangka Brent untuk pengiriman Maret naik 31 sen ke level US$68,91 per barel. Harga minyak Brent sempat menyentuh US$70 per barel pada awal sesi perdagangan yang merupakan posisi tertinggi dalam lebih dari tiga bulan terakhir.

Sementara, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Februari naik 22 sen menjadi US$63,27 per barel.

Sebagaimana diketahui, serangan udara AS menewaskan Mayor Jenderal Qassem Soleimani yang merupakan komandan korps pengawal revolusi pasukan elit Quds Iran. Ia tewas dalam sebuah serangan di Baghdad pada Jumat (3/1) lalu.

Pelaku pasar khawatir meningkatnya ketegangan di Timur Tengah akan berdampak pada produksi minyak di kawasan tersebut. Padahal, Timur Tengah menyumbang hampir sepertiga pasokan minyak mentah global.

Namun demikian, analis mengatakan kapasitas cadangan minyak mentah tetap memadai, di tengah ketegangan politik tersebut.

“Kami mengharapkan pasar minyak mentah mengalami kelebihan pasokan tahun ini karena pertumbuhan pasokan negara non OPEC,” kata Kepala Investasi UBS Global Wealth Management Mark Haefele.

Ia memprediksi harga minyak mentah Brent mampu menembus US$70 per barel pada paruh pertama 2020.

 

 

 

 

Sumber : cnnindonesia.com
Gambar : cnnindonesia.com

 

 

 

 

[social_warfarebuttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *