JK: Pemerintah Jangan Pesimis Hadapi Gejolak Ekonomi Dunia

Mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengatakan, pemerintah tak boleh pesimis menghadapi gejolak ekonomi global yang penuh ketidakpastian dalam beberapa bulan belakangan. Dia tidak menampik gejolak ekonomi global, telah berdampak pada ekonomi dalam negeri.

“Pemerintah tidak boleh pesimis. Direktur juga tidak boleh pesimis. Kepala rumah tangga juga. Memang banyak dilema yang kita hadapi, tapi harus dihadapi,” ujar JK di depan berbagai pengusaha di Hotel Westin, Jakarta, Kamis (5/12).

“Semua bisa diatasi persoalan itu apabila kita punya pandangan yang luas. Jadi optimisme itu harus pasti,” sambungnya.

JK mengatakan, mengurus negara sama dengan mengurus rumah tangga. Setiap pengambil kebijakan maupun kepala keluarga harus berupaya keluar dari masa sulit agar perekonomian tetap berjalan.

“Kita tidak mungkin hanya duduk termenung di rumah, sedih. Sama juga di perusahaan, kalau dulu banyak libur, mungkin sekarang dikurangi. Tapi penjualan nggak boleh turun, promosi tetap harus tetap jalan,” jelasnya.

Dia menambahkan, ekonomi global yang tengah sulit saat ini pasti akan segera berlalu. Paling tidak dalam dua hingga tiga tahun ke depan. “Ekonomi negara juga begitu. Karena siklus akan jalan terus. Ini mungkin situasi akan selesai 2 sampai 3 tahun lagi,” tandas JK.

 

 

 

 

Sumber : Liputan6.com
Gambar : Tribunnews.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *