Panglima TNI-Kapolri Saksikan Penerjunan Prajurit di Bandara Timika

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis dijadwalkan akan meninjau dan menyaksikan secara langsung latihan kesiapsiagaan operasi berupa penerjunanan prajurit Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma bertempat di Bandara Mozes Kilangin Timika, Papua pagi ini.

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Kolonel CPL Eko Daryanto di Timika, Jumat (29/11/2019) mengatakan, kegiatan penerjunan di Bandara Timika akan melibatkan ratusan prajurit Batalyon Infanteri Para Raider 330/Tri Dharma yang berpusat di Cicalengka, Jawa Barat itu.

Selama proses latihan yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga pukul 10.00 WIT, aktivitas penerbangan sipil di Bandara Timika ditutup sementara waktu.

“Bapak Panglima bersama Bapak Kapolri akan menyaksikan secara langsung latihan kesiapsiagaan operasi Mabes TNI di Timika. Selanjutnya akan meninjau pos-pos pasukan TNI dan Polri yang ada di Timika dan pada siang harinya akan kembali ke Wamena untuk mengikuti kegiatan KKR (Kemah Kebaktian Rohani) bersama masyarakat di sana untuk menyambut dan menyongsong hari raya Natal,” kata Kolonel Eko seperti dilansir Antara.

Panglima TNI dan Kapolri bersama rombongan tiba di Timika dari Wamena pada Kamis siang 28 November 2019.

Begitu sampai di Hotel Rimba Papua Timika, Panglima TNI dan Kapolri langsung menggelar pertemuan tertutup dengan jajaran pimpinan TNI dan Polri yang juga dihadiri oleh Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dan Kapolda Papua Irjen Polisi Paulus Waterpauw.

Pertemuan itu pun dihadiri oleh Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan, Kepala BAIS dan petinggi TNI-Polri lainnya.

Kunjungan Tidak Terkait HUT OPM

Kapendam mengatakan kunjungan kerja Panglima TNI dan Kapolri di Papua selama beberapa hari terakhir tidak ada kaitan khusus dengan antisipasi pengamanan menghadapi 1 Desember 2019 yang diperingati sebagai HUT Organisasi Papua Merdeka (OPM).

“Tidak ada kaitan khusus dengan itu. Kodam Cenderawasih dan Polda Papua menggelar berbagai kegiatan karya bakti dan bakti sosial dirangkaikan dengan KKR di Wamena dan Jayapura dalam rangka menciptakan situasi damai dan aman di Papua menyongsong dan menyambut hari raya Natal dan Tahun Baru. Dalam rangka itulah TNI dan Polri meningkatkan kesiapsiagaan dan pengamanan agar masyarakat Papua menyambut Natal dan Tahun Baru dalam suasana yang aman dan damai,” jelas Kolonel Eko.

Guna memeriahkan kegiatan KKR di Wamena dan Jayapura (dilaksanakan tanggal 4 Desember), pihak TNI dan Polri mengundang Pendeta Gilbert Lumoindong dari Jakarta untuk berbagi pengalaman sekaligus memberikan peneguhan iman kepada umat Kristiani di Tanah Papua menyambut Natal tahun ini.

“Kami juga menyiapkan sekitar 40 ribu bingkisan Natal yang nantinya akan dibagikan kepada masyarakat yang ada di Wamena dan Jayapura,” kata Kolonel Eko.

 

 

 

 

Sumber : liputan6.com
Gambar : ANTARA News Jambi

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *