Suhu Memanas Akibat Kebakaran, Australia dalam Kode Merah

Semua negara bagian utama Australia, dan Northern Territory, menjadi wilayah yang mencapai suhu lebih dari 40 derajat Celsius pada Rabu. Di saat bersamaan, penduduk diperingatkan bahwa sudah terlambat untuk mengungsi karena dua kebakaran hutan yang parah melanda daerah Australia Selatan.

Sebuah peringatan kode merah kebakaran hutan -,yang menandakan kondisi terburuk yang mungkin terjadi,- juga dikeluarkan untuk negara bagian Victoria pada Kamis.

Pada pukul 15:00 Rabu waktu setempat, suhu tertinggi yang dicatat 43,4 derajat di Smithville di New South Wales dan 42 derajat di Walpepup di Victoria. Ballera di Queensland mencapai 43,7 derajat, Warburton di WA mencapai 43,8 derajat, Nullarbor di Australia Selatan mencatat 46,6 derajat , dan Lajamanu di Northern Territory mencapai 42,7 derajat.

Biro Meteorologi mengatakan ada beberapa kali ketika semua negara bagian daratan telah mencatat suhu setidaknya 40 derajat Celsius. Catatan untuk tanggal paling awal untuk rekor semacam itu adalah 12 Oktober 2004.

Gelombang panas pra-musim kemarau membuat Victoria siap menghadapi kondisi kebakaran hutan berkode merah di utara serta larangan kebakaran total di seluruh negara bagian pada hari Kamis.

Temperatur malam diperkirakan tetap di 30 derajat Celsius dan angin utara akan mencapai kecepatan tinggi untuk menempatkan Mallee dan daerah Country Utara pada peringatan kode merah.

Penduduk di Victoria utara akan lebih merasa panas melalui suhu lebih dari 40 derajat Celsius, dan Manajemen Darurat Victoria merekomendasikan populasi regional pindah ke pusat kota terdekat.

Kode merah memberi sinyal kondisi kebakaran terburuk yang mungkin terjadi dan tempat teraman untuk berada jauh dari area kebakaran berisiko tinggi di dalam distrik tersebut, saran CFA.

Peringatan darurat diberlakukan untuk kebakaran hutan di Yorketown di Semenanjung Yorke Australia Selatan yang lebih rendah dan di Jalan Raya Port Wakefield dekat Port Wakefield. Kebakaran Yorketown berkobar ke arah tenggara menuju St Vincent Highway, Seven Roads, Horriton dan menuju garis pantai di sekitar Edithburgh, Wattle Point, dan Troubridge Point.

Api Port Wakefield membakar ke arah selatan menuju Port Wakefield dan National Highway One. CFS sudah memperingatkan bahwa kebakaran itu berbahaya, tidak terkendali, dan kondisinya terus berubah.

Orang-orang di daerah yang terkena dampak harus berlindung di gedung yang kokoh, karena sudah terlambat untuk mengungsi dan jalan tidak akan aman, katanya pada Rabu.

Perumahan mungkin kehilangan daya, air, telepon, dan koneksi data. Pemadam kebakaran merespons tetapi mungkin tidak mendatangi setiap rumah.

Pada Rabu, suhu Adelaide mencapai 41,5 derajat Celsius dan pinggiran utara Edinburgh mencapai 44,5 derajat Celsius. Di wilayah itu kondisinya bahkan lebih panas, dengan Cummins di semenanjung Eyre menjangkau 42,9 derajat Celsius sebelum tengah hari, akhirnya mencapai 44,4 derajat Celsius.
Antisipasi kebakaran
Pemadam kebakaran NSW bersiap untuk hari lain dari bahaya kebakaran tinggi pekan ini pada Kamis. Api yang berkobar itu diberikan penangguhan singkat dari kondisi kebakaran hutan yang sulit pada Rabu.

Sebagian besar kebakaran terjadi pada tingkat saran pada Rabu malam. Namun, peringatan telah dinaikkan untuk bertindak selama hampir 20.000 hektar kebakaran di Ebor dekat Armidale, dan kebakaran hutan di Myall Creek Road di Bora Ridge, tenggara Kasino yang telah menghabiskan lebih dari 30.000 hektar.

NSW Rural Fire Service memperingatkan akan ada “area yang luas dari bahaya kebakaran yang sangat tinggi dan parah” pada Kamis.

Terjadi 50 kebakaran di seluruh NSW pada Rabu sore, 24 di antaranya tidak terkendali. Lebih dari 1000 petugas pemadam kebakaran tetap berada di lapangan.

Kualitas udara Sydney, yang telah memburuk dalam kabut asap dalam beberapa hari terakhir, kemungkinan tidak meningkat dalam waktu dekat setelah kebakaran berlanjut, kata Biro Meteorologi.

Ada juga kekhawatiran bahwa badai petir akhir pekan, yang tidak akan membawa banyak hujan, bisa melihat sambaran petir memicu kebakaran tambahan.

Enam nyawa dan 577 rumah telah hilang hingga saat musim kebakaran ini, dengan lebih dari 420 rumah hilang dalam dua pekan terakhir.

Warga Tasmania juga diperintahkan bersiap menghadapi kondisi kebakaran paling berbahaya sejauh ini pada musim kebakaran ini, dengan suhu tinggi dan angin kencang yang melanda negara bagian.

Peringkat bahaya kebakaran di selatan dan tenggara akan mencapai tingkat parah pada Kamis, Dinas Pemadam Kebakaran Tasmania telah memperingatkan.

Suhu diperkirakan memuncak pada pertengahan 30-an di seluruh pulau, dengan Hobart diperkirakan mencapai 30 derajat Celsius.

“Ini adalah kondisi cuaca kebakaran paling berbahaya yang diperkirakan sejauh musim kebakaran ini dan setiap kebakaran yang mulai akan sulit dikendalikan,” kata wakil kepala pejabat Bruce Byatt, dinukil dari Guardian, Kamis, 21 November 2019.

Larangan api total 24 jam telah diumumkan untuk bagian utara dan selatan dari jam 2 pagi pada hari Kamis, dengan pemilik tanah diberitahu untuk memadamkan api sebelum itu.

Angin kering 60-70km per jam diperkirakan, tetapi bantuan dari cuaca panas diperkirakan pada Kamis sore ketika garis depan dingin melintasi negara bagian.

 

 

 

 

Sumber : medcom.id
Gambar : Medcom.id

 

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *