Perang Dagang, China-AS Sepakat Hapus Tarif Impor Bertahap

China dan Amerika Serikat sepakat untuk menghapus tarif impor di antara mereka berdua yang telah diberlakukan saat perang dagang selama 18 bulan belakangan ini. Kesepakatan tersebut disampaikan juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng, Kamis (7/11).

“Dalam dua minggu terakhir, para pemimpin negosiasi dari kedua belah pihak telah mengadakan diskusi yang serius dan konstruktif mengenai penyelesaian masalah inti mereka dengan benar dan sepakat untuk menurunkan tarif tambahan secara bertahap, karena kemajuan dibuat menuju kesepakatan (akhir),” katanya seperti dikutip dari AFP, Kamis (7/11).

Gao berharap perkembangan perundingan dagang yang saat ini sudah dicapai dengan AS bisa mengarah pada pencapaian kesepakatan fase-satu.

“Ini adalah kondisi penting untuk mencapai kesepakatan,” katanya.

Perundingan damai dagang antara AS dengan China belakangan ini disebut-sebut mulai mendapatkan titik temu. Wakil Perdana Menteri China Liu He dengan Perwakilan Dagang AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuangan Steven Mnuchin bahkan sudah menjalin komunikasi pada Jumat (1/11) lalu.

Komunikasi tersebut disebut cukup konstruktif. Dia kemudian mengatakan kepada wartawan sedang mencari lokasi untuk menindaklanjuti hasil tersebut.

Pencarian lokasi dilakukan setelah rencana penandatanganan kesepakatan dagang fase 1 dengan China yang rencananya dilakukan Presiden AS Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping di Chili dibatalkan.

 

 

 

 

Sumber : cnbcindonesia.com
Gambar : jatimnet.com

 

 

 

[social_warfare buttons=”Facebook,Pinterest,LinkedIn,Twitter,Total”]

 

BAGIKAN BERITA INI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *